People Innovation Excellence

UNDANGAN TERBUKA DIES NATALIS BUSINESS LAW BINUS

Pada tanggal 6 Juni 2022, Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS merayakan dies natalisnya yang ke-11. Acara peringatan dies ini memiliki agenda rutin, yaitu orasi dies dan laporan perkembangan jurusan. Selain itu, jurusan juga akan memberikan penghargaan terhadap para mahasiswa yang berprestasi.

Orasi dies kali ini akan mengangkat topik “Hak Beragama sebagai Hak yang Tidak Dapat Dikurangi (Non Derogable Right) di Indonesia” dengan orator Dr. Erna Ratnaningsih, S.H., LL.M. Beliau adalah dosen tetap (faculty member) pada Program Studi Sarjana di Jurusan Hukum Bisnis BINUS. Lulusan dari Program Doktor Hukum Universitas Brawijaya ini menyelesaikan studi S-1 di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (Surakarta) dan master of laws (LL.M.) di University of Canberra, Australia. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Wakil Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (KKRI) dan sekarang menjadi tenaga ahli Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR-RI. Dalam profesinya sebagai advokat, beliau ikut menangani kasus-kasus menarik seperti Lia-Eden (penodaan agama) dan Lumpur Lapindo-Sidoarjo. Ia juga terlibat sebagai anggota tim perumus sejumlah rancangan undang-undang, seperti RUU Kebebasan Informasi, RUU Catatan Sipil, RUU KUHP, dan RUU Bantuan Hukum.

Orasi dies Dr. Erna Ratnaningsih, S.H., LL.M. pada tanggal 6 Juni 2022, yang dibawakannya secara luring dari Kampus Kijang BINUS University, serta dapat disimak secara daring melalui zoom dan Youtube streaming, menekankan arti penting hak beragama sebagai hak asasi manusia. Namun, ia mencatat ada pembatasan atas hak ini. Misalnya, dalam ketentuan International Covenant on Civil and Political Rights  (ICCPR), negara dibolehkan dalam keadaan darurat (public emergency) untuk mengambil langkah-langkah yang dapat mengurangi kewajiban hak asasi manusia (derogation rights), asalkan tidak bertentangan dengan kewajiban-kewajiban yang lain, hukum internasional, dan mengandung diskriminasi. Sayangnya, pembatasan demikian tidak/belum diatur secara jelas untuk konteks kita di Indonesia.

Untuk pemangku kepentingan yang berminat hadir di dalam acara dies ini, silakan untuk mengaktifkan zoom, dengan Meeting ID: 979 2792 5272, Passcode: 070022. Acara dimulai pukul 09:20-12:00 WIB.

 

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close