People Innovation Excellence

KULIAH DOSEN TAMU PROF. KOOS UNTUK KELAS “E-COMMERCE LAW”




Pada tanggal 30 Oktober 2019, bertempat di Kampus Anggrek BINUS, Prof. Dr. iur Stefan Koos dari Bundeswehr University, Munich, Jerman, hadir memberikan kuliah sebagai dosen tamu di kelas “E-Commerce Law” yang diampu Dr. Bambang Pratama, S.H., M.H. Beliau membawakan topik tentang “artificial intelligence “, sebuah topik yang telah disinggungnya dalam seminar internasional taggal 2 Oktober 2019 di Kampus Alam Sutera, Namun, sedikit agak berbeda dengan materi sebelumnya, kali ini Stefan Koos mengangkat aspek filosofis dari status alat yang memiliki kecerdasan buatan ini. Apakah ia layak menyandang predikat sebagai subjek hukum atau tidak.

Stefan Koos menjawab problematika ini dengan memberi contoh dua pilihan etis, yang biasa diajukan dalam diskusi tentang etika deontologis versus etika teleologis. Jika ada seorang ayah diminta untuk memilih antara membunuh anaknya sendiri dan untuk itu ia akan menyelematkan nyawa orang satu kampung yang tidak bersalah; atau sebaliknya menyelematkan nyawa anaknya dan untuk itu ia akan mengorbankan nyawa orang satu kampung yang tidak bersalah. Mana pilihan yang harus diambil?

Menurut Stefan Koos, dalam pilihan dilematis seperti ini moralitas memegang peranan penting. Hal inilah yang hanya sanggup dimlliki oleh manusia alamiah, tidak mungkin dimiliki oleh robot dengan kecerdasan buatan. Teknologi kecerdasan buatan, dengan demikian, mereka tidak mampu dimintakan pertanggungjawaban sebagaimana layaknya manusia alamiah.

Kehadiran Stefan Koos dengan program visiting professorship-nya di Jurusan Hukum Bisnis BINUS selama ini telah memberikan banyak pencerahan bagi para mahasiswa. Keterlibatan beliau selama lima tahun terakhir menunjukkan kedekatannya dengan para dosen dan mahasiswa, sehingga ia berusaha untuk melibatkan lebih banyak aktivitas untuk membantu proses pembelajaran di Universitas Bina Nusantara, seperti penulisan bersama, pembuatan konten digital, konferensi internasional dan sebagainya. Beliau juga telah menjadi jembatan untuk mendatangkan mahasiswa dari Jerman untuk meneliti atau mengambil beberapa maa kuliah di Jurusan Hukum Bisnis BINUS. (***)

(***)

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close