People Innovation Excellence

RAPAT KOORDINASI PENGUATAN EKONOMI DIGITAL DAN KEAMANAN NASIONAL


Dalam rangka merumuskan Pengamanan Ekonomi Digital dan Keamanan Nasional, Kementerian Polhukam mengundang para ahli di bihang ekonomi digital. Salah satu perwakilan dari Business Law Department, Binus University, Bambang Pratama turut diundang untuk pembahasan Pengamanan Ekonomi Digital. Salah satu masukan yang disampaikan oleh akademisi hukum siber Binus University adalah cycle dari ekonomi digital dari hulu sampai bulir. Di sisi hulu adalah pengembangan kewirausahaan melalui startup digital, sedangkan dari sisi proses sampai dengan sisi hilir adalah aspek keamanan yang menjaga aktivitas bisnis para startup digital. 

Terkait pengembangan pengamanan ekonomi digital, dagar hukum pelaksanaan pembahasannya adalah Surat Mensisneg No. B-87/M.Susneg/D-2/HL.00.08/01/2019 dan Memorandum dari Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) No. MEMO-30/KEIN/12/2018 tentang Penguatan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Mengacu pada arahan tersebut di atas, maka selain pembahasan tentang penguatan ekonomi digital dan aspek keamanan, penguatan kelembagaan Badan Siber dan Sandi Negara juga ikut dibahas sebagai salah satu institusi pendukungnya.

Rapat yang diselenggarakan oleh Polhukam pada tanggal 7 Februari 2019 ini difasilitasi oleh Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Rus Hurhadi Sutedjo. Peserta rapat selain akademisi dan pemerintahan, Polhukam juga mengundang praktisi dan asosiasi terkait TIK, diantaranya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), dan praktisi siber. 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close