People Innovation Excellence

RESMI DIDIRIKAN, FORUM DOSEN PERSAINGAN USAHA



Pada tanggal 5 April 2017, dua perwakilan dosen yang mengajar materi persaingan usaha di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait dan di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Dr. Maman Setiawan, membacakan deklarasi pembentukan Forum Dosen Persaingan Usaha Indonesia ini. Deklarasi dilakukan di hadapan para dosen dan para peserta seminar yang berlangsung di Kampus BINUS Alam Sutera, Tangerang.

Menurut Prof. Ningrum, forum ini merupakan gagasan yang sudah dirintis hampir sepuluh tahun lalu. Terakhir, gagasan untuk deklarasi ini ingin dilakukan pada akhir tahun 2016, namun dipandang perlu untuk dimatangkan oleh sejumlah dosen. Beliau mengapresiasi sejumlah rekan yang terlibat di dalamnya proses pematangan gagasan tersebut, yang selan datang dari USU dan Unpad, juga berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Katolik Parahyangan, Selanjutnya juga datang dukungan dari rekan-rekan di Universitas Trisakti dan tentu saja dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Sekalipun KPPU memberi perhatian khusus dan berharap banyak pada keberadaan dan kiprah forum dosen ini, wadah para dosen ini tetap independen, tidak di bawah struktur KPPU. Bagi forum ini, KPPU merupakan salah satu mitra penting dalam perjalanan forum ini selanjutnya.

Deklarasi tersebut ditandatangani oleh seluruh dosen yang hadir dalam acara tersebut. Mereka yang hadir berasal dari berbagai universitas di Jabodetabek, juga kota-kota lain seperti dari Bandung, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Jambi, Gorontalo, dan Makassar. Deklarasi juga disaksikan oleh Komisioner KPPU Dr. Chandra Setiawan.

Dalam deklarasi tersebut dinyaakan bahwa forum dosen ini bertujuan untuk menjadi: (1) sarana komunikasi dosen-dosen persaingan usaha dalam hal materi pengajaran ekonomi dan hukum persaingan usaha; (2) sarana kegiatan dosen-dosen persaingan usaha, seperti seminar, FGD, workshop, dan pelatihan; (3) tempat koordinasi dan tukar-menukar pengalaman (sharing experiences) dan pemanfaatan sumberdaya (resource sharing) antar-universitas dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan persaingan usaha di mana diperlukan; (4) pusat informasi dan pemetaaan ahli persaingan usaha di berbagai universitas di Indonesia.

Telah diputuskan bahwa, paling tidak selama dua tahun ke depan, Forum Dosen Persaingan Usaha ini memiliki kesekretariatan di Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) Universitas Bina Nusantara. Dalam acara deklarasi ini juga disepakati untuk meminta Ketua Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta, menjadi Ketua Forum Dosen Persaingan Usaha tersebut. Kelengkapan lain-lain dan program kerja forum akan dibahas bersama dalam waktu yang tidak terlalu lama. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close