People Innovation Excellence

MAHASISWA HUKUM BINUS DALAM WORKHOP BANTUAN HUKUM PROBONO



Dua mahasiswa Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, Fauzi Cahyo Pandu Pratomo dan Isaka Yoga Santoso, tanggal 17 Desember 2018 lalu, mengikuti acara Launching Pro Bono Clearing House & Diskusi Publik dengan tema “Mendorong Komitmen Pro Bono Advokat Untuk Memperluas Akses Keadilan Bagi Kelompok Masyarakat Minoritas dan Rentan”. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta bertempat di Kantor LBH Jakarta, jalan Pangeran Diponegoro No.74, Jakarta Pusat. Salah seorang dosen Hukum Bisnis BINUS yaitu Nirmala Many, SH, MCL juga diundang sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan ini.

Dalam diskusi tersebut dibahas mengenai betapa pentingnya kesadaran para advokat di Indonesia untuk bisa memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma. Hal ini karena Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi hukum, sehingga hakikat konsep bantuan hukum yang dapat melindungi hak konstitusional rakyat miskin merupakan tanggung jawab negara terhadap hak-hak konstitusional rakyat tanpa membedakan antara golongan mampu dan miskin, sebagaimana diatur dalam Pasal 28 D ayat (1) UUD, “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum dan pemerintahan tanpa membedakan status sosial, budaya, ekonomi maupun agama. Kata “Pro Bono” sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti For The Public Good  atau kebaikan publik/masyarakat. Banyak orang mengira bahwa aktivitas pro bono hanyalah berupa konsultasi dan pendampingan hukum, padahal pro bono tidak hanya mencakup kedua hal itu saja. Termasuk di dalamnya kegiatan  penelitian, pelatihan pengajaran, dan penyusunan dokumen hukum. (***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close