People Innovation Excellence

PRESENTASI DOSEN DAN MAHASISWA HUKUM BINUS DI INTERNATIONAL POLICY WORKSHOP WTO


Pada Rabu, 22 September 2021, dosen dan mahasiswa Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS mempresentasikan hasil paper mereka di International Policy Workshop Trade, Circular Economy and Sustainability Forging Knowledge Co-Production on International Trade and Circular Economy Linkages in Developing Countries pada tahun 2021 yang diadakan oleh World Trade Organization (WTO) dan Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gajah Mada secara virtual. Mereka adalah Muhammad Reza Syariffudin Zaki (dosen) dan Hendra (mahasiswa). Paper yang dibawakan oleh dosen dan mahasiswa hukum BINUS di dalam workshop ini berjudul “ASPEK HUKUM CIRCULAR ECONOMY DALAM PENGEMBANGAN INVESTASI BLUE ECONOMY”.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara RI Prof Dr. Pratikno, Menteri Perdagangan RI Muhammad Luthfi, WTO Deputy Director-General Ambassador Xiangchen Zhang, Ambassador Permanent Representative of the United Kingdom of the Netherlands to the WTO H.E.Mrs. Monique Van Daalen, WTO Trade, and Environment Division Dr. Rainer Lanz, Copenhagen Business School Maria Josefina Figueroa, Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono.

Acara ini membahas bagaimana industrialisasi global telah menyebabkan pertumbuhan industri manufaktur dan ekspansi yang cepat dari perusahaan multinasional.Walaupun,industrialisasi telah mengangkat pertumbuhan ekonomi, tetapi terjadi masalah lingkungan yang serius,masalah seperti timbulan sampah dan menipisnya sumber daya alam yang terbatas. Dengan latar belakang inilah konsep Circular Economy (CE) diusulkan. Di dalam kontras dengan model ekonomi ‘linier’ yang mengeksploitasi sumber daya dari alam,memproduksinya menjadi komoditas, dan membuang limbahnya, CE bertujuan untuk memisahkan pertumbuhan ekonomi dari eksploitasi sumber daya alam yang terbatas dengan adanya CEhal ini dapat dicapai dengan menawarkan desain ekonomi regeneratif di mana sumber daya digunakan kembali,diproduksi ulang, dan didaur ulang.

Paper dari dosen dan mahasiswa BINUS membahas bagaimana mengembangkan circular economy dalam investasi blue economy untuk mengatasi permasalahan yang ada dan bagaimana mengembangkan ekonomi yang berkelanjutan. Dari aspek hukum ditemukan ada 8 (delapan) regulasi termasuk Undang-undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengatur mengenai implementasi circular economy pada blue economy investment termasuk sanksi pidana dan denda yang dapat dijatuhkan kepada perusahaan yang tidak memenuhi circular economy dalam bisnis mereka. Namun tentu saja implementasi dari regulasi ini masih belum seutuhnya dilaksanakan karena masih lemahnya penegakan hukum pada sektor maritim di Indonesia. (***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close