People Innovation Excellence

KERJA SAMA ‘STUDENT EXCHANGE’ DENGAN KOZMINSKI UNIVERSITY

Dari kiri-kanan: Shidarta (Hukum Bisnis BINUS), Trita Nugraha Mursitama (Hubungan Internasional BINUS), dan tim International Relations Office Kozminski University (Marzena Indra-Gozdz, Beata Pirog, Aleksandra Ryniewicz, Michal Godlewski, dan Valentyna Guminska).

Kerja sama terkait program pertukaran mahasiswa sudah diinisiasi baru-baru ini antara Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS dan Kozminski University, Warsawa, Polandia. Sampai saat ini sudah ada beberapa mahasiswa (non-hukum) dari BINUS yang melakukan pertukaran mahasiswa ke universitas tersebut, dan telah berjalan dengan sukses. Untuk selanjutnya, Kozminski University secara terbuka menawarkan hal yang sama kepada para mahasiswa di Jurusan Hukum Bisnis BINUS untuk mengambil program pembelajaran serupa.

Dalam pembicaraan antara Ketua Jurusan Hukum Bisnis BINUS Dr. Shidarta dan tim dari Kantor Hubungan Internasional Kozminski University di Warsawa, Polandia tanggal 5 April 2018, telah dibahas bahwa program ini bisa mulai ditawarkan pada semester musim gugur (fall). Ada 10 mata kuliah yang saat ini ditawarkan dalam bahasa Inggris, yaitu: (1) Legal English Writing; (2) International Criminal Law; (3) European Courts of Justice: Judgements; (4) EU Envionmental Law; (5) Computer Science in Legal Studies; (6) Legal Traditions and Systems; (7) Company Law in International and European Perspective; (8) Internet Activity and the Law; (9) European Business Law; dan (10) Principles of Law. Bagi mahasiswa yang ingin mengambil program ini, mereka boleh mengambil paling sedikit satu mata kuliah, yang berdurasi 20 jam/semester per semester.

Oleh karena BINUS dan Kozminski University sudah terdapat kerja sama, maka program ini telah didesain untuk pertukaran kredit. Artinya, mahasiswa Jurusan Hukum Bisnis BINUS sudah dapat mengikuti program ini sejak semester ketiga. Lalu, pada semester ke-7 dan ke-8, mahasiswa dapat mengambil program ini sebagai program pengayaan (track: study abroad).

Jurusan Hukum Bisnis BINUS juga sebaliknya membuka diri bagi mahasiswa Kozminski University untuk mengambil perkuliahan di Indonesia. Program seperti ini sudah pernah dilakukan oleh Jurusan Hukum Bisnis BINUS untuk mahasiswa dari Deakin University, Australia.

Polandia sendiri adalah sebuah negara yang sangat strategis untuk dijadikan tempat studi, termasuk studi hukum. Negara ini menganut sistem hukum yang tidak terlalu berbeda dengan sistem hukum Indonesia. Biaya kuliah dan biaya hidup di negara ini juga relatif masih terjangkau. Untuk transportasi umum, misalnya, setiap mahasiswa (termasuk mahasiswa asing) diberi diskon 50% dari harga untuk masyarakat umum. Negara yang terletak di Eropa tengah ini sangat mudah menjangkau negara-negara sekitarnya, sehingga memungkinkan para mahasiswa mengisi waktu-waktu luang mereka untuk mengunjungi negara-negara berbeda di Eropa.

Pada tanggal 6 April 2018, Dr. Shidarta juga sempat bertemu dengan dua mahasiswa dari International Business and Management Program BINUS yang saat ini sedang mengambil kuliah di Polandia (SGH Warsaw School of Economics) di bawah EU Share Scholarship. Dua mahasiswa tersebut yatu Eric Weryanto dan Annisa Bella Putri, menyatakan pengalamannya untuk mengambl studi di Polandia sangat menarik. Ada keseimbangan antara tuntutan dalam perkuliahan dan waktu-waktu luang yang dapat mereka manfaatkan. Dalam kurun waktu relatif singkat (sekitar dua bulan) berada di negeri tersebut, sudah sekitar tiga sampai empat negara lain yang mereka kunjungi dengan biaya yang relatif terjangkau, mengingat kemudahan jaringan transportasi di seluruh daratan Eropa. “Hal ini memberi kami banyak sekali pengalaman yang tak mungkin kami dapatkan jika berada di Tanah Air,” demikian ujar Annisa yang siap-siap untuk menjalani puasa Ramadhan pertama kalinya di luar negeri dalam waktu dekat ini. (***) 



Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close