People Innovation Excellence

VANESA JUARA II LOMBA NASIONAL PENDAPAT HUKUM


Vanesa Michela Budiman, mahasiswa Prodi Hukum Jurusan Hukum Bisnis BINUS, menjadi pemenang II lomba penulisan pendapat hukum tingkat nasional (national legal opinion competition) yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Hukum Militer Ditkumad. Dalam kepesertaaan lomba ini, Muhammad Alif Praditya bertindak selaku manajer. Mahasiswa mendapat pembimbingan dari dosen-dosen seperti Dr. Muhammad Reza Syariffudin Zaki, S.H., M.A. dan Shidarta. Perlombaan ini berlangsung pada akhir Mei 2023. Juara I ditempati oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan.

Penyerahan penghargaan ini diserahkan bertepatan dengan Dies Natalis ke-71 Sekolah Tinggi Hukum Militer di Gedung Graha Zeni TNI, Jakarta Timur. Ikut hadir dalam acara itu Jenderal TNI Dudung Abdurachman selaku Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Prof. Dr. Abdullah Mahmud Hendropriyono, S.T., S.H., M.H selaku Ketua Senat Guru Besar STHM dan Mantan Kepala BIN, Prof. Dr. Topane Gayus Lumbuun, S.H., M.H. selaku Mantan Hakim Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Bagir Manan, S.H., M.C.L. selaku Mantan Ketua Mahkamah Agung RI, serta Brigadir Jenderal TNI Muhamad Ali Ridho, S.H., M.Hum. selaku Ketua STHM. Dari jajaran dosen hukum BINUS, tampak hadir Dr. Reza Muhammad Syariffudin Zaki, S.H., M.A.

Lomba ini mengangkat tema “Penerapan Perlindungan Hak Asasi Bagi Prajurit yang Melaksanakan Tugas Operasi di Wilayah Papua.: Delegasi BINUS membawakan pemikiran bahwa hubungan masyarakat sipil dan militer secara de facto berlaku secara resiprokal, sedangkan secara de jure tidak berlaku secara resiprokal. Hal ini karena ada irisan di antara kedua elemen ini. Dalam pendapat hukumnya, Vanesa terlebih dulu memaparkan latar belakang historis dari konflik di Papua dan posisi prajurit TNI dalam membantu operasi penegakan hukum di sana. (***)



 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close