People Innovation Excellence

ACADEMIC WRITING BERSAMA LEXIKA

IMG-20161005-WA0009


IMG.20161019.WA0023


IMG.20161019.WA0025


Selama dua hari, 18-19 Oktober 2016, Lexika bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera mengadakan lokakarya (workshop) tentang academic writing. Dosen Jurusan Business Law BINUS, Shidarta, diundang untuk ikut sebagai peserta. Beliau hadir bersama kurang dari sepuluh orang peserta, yang membuat acara ini berlangsung sangat efektif.

Lokakarya ini sendiri diinspirasi oleh kebutuhan para akademisi, peneliti, dan aktivis sosial yang ingin mempublikasikan pikiran mereka di forum internasional, namun terkendala berbagai persoalan. Fasilitator lokakarya ini adalah Upik Djalins, Ph.D., seorang periset tentang masalah-masalah sosial, khususnya tentang citizenship, yang saat ini bermukim di Amerika Serikat. Ia dibantu oleh rekannya Syahgena Ardhila, M.A., yang sama-sama mendirikan Lexika.

Dalam lokakarya ini, antara lain didiskusikan mengenai tips memformulasikan abstrak yang baik, lalu cara mendekonstruksi naskah karangan. Kemudian juga disinggung tentang teknik pengutipan serta kiat-kiat mempublikasikan naskah di jurnal ilmiah internasional. Di akhir lokakarya, Shidarta dan para peserta lainnya. diminta oleh Lexika untuk memberikan testimoni guna peningkatan kualitas penyelenggaraan lokakarya di masa mendatang.

BINUS sendiri sebagai sebuah institusi pendidikan terus menggerakkan para dosennya untuk rajin menulis di jurnal internasional. Setiap dosen berjenjang kepangkatan lektor kepala dan/atau bergelar doktor diwajibkan untuk menulis di jurnal internasional terindeks Scopus. Untuk tahun 2017, misalnya, Jurusan Business Law BINUS, diberi tugas menghasilkan minimal 16 tulisan di jurnal internasional. Tugas ini merupakan bagian dari target BINUS untuk menjadi perguruan tinggi tertinggi jumlah kontribusi jurnal internasionalnya. Saat ini BINUS sudah menjadi PTS dengan jumlah publikasi di jurnal terindeks Scopus tertinggi di Indonesia. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close