People Innovation Excellence

FGD PENGAJARAN FILSAFAT HUKUM DAN ETIKA PROFESI HUKUM


 


 


Pada tanggal 10 Juli 2018, bertempat di Kampus Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta, berlangsung acara focus group discussion (FGD) yang menampilkan Ketua Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS Dr. Shidarta, sebagai pembicara. FGD ini diadakan oleh Bagian Dasar-Dasar Ilmu Hukum FH Usakti untuk kepentingan pengembangan mata kuliah “Filsafat Hukum dan Etika Profesi Hukum” di kampus tersebut. Selain Shidarta, juga hadir beberapa fasilitator, seperti pengajar mata kuliah Filsafat Hukum Mura P. Hutagalung dan Arbijoto, serta Eka Yunita Yustantian (ahli pendidikan dan Direktur Dayakarsa sebuah lembaga konsultansi human capital).

Shidarta, pada kesempatan FGD ini memaparkan pokok-pokok substansi perkuliahan filsafat hukum dan etika profesi hukum yang seharusnya diberikan kepada para mahasiswa. Pokok-pokok itu mencakup antara lain pemahaman tentang konstelasi disiplin hukum dan letak filsafat hukum di dalamnya, pemaknaan hukum secara multifaset, pengertian hukum sebagai sistem norma (sebagai fokus di luar makna hakiki hukum lainnya) dengan segala konsekuensinya, aliran-aliran pemikiran hukum, dan kaitan semua itu dengan etika profesi hukum. Materi ini sudah sangat memadai diberikan pada tingkatan stratum satu (S-1) sarjana hukum, sementara untuk level yang lebih tinggi dapat diperdalam pada bagian aliran-aliran pemikiran hukum dan isu-isu tertentu dari filsafat hukum (tujuan hukum, hak asasi manusia, hak milik, dan sebagainya).

Dari Jurusan Hukum Bisnis BINUS juga tampak hadir Dr. Bambang Pratama, yang juga merupakan pengajar mata kuliah filsafat hukum di Prodi Hukum di BINUS. (***)

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close