People Innovation Excellence

KERJASAMA PENELITIAN FINTECH ANTARA BANK INDONESIA DAN JURUSAN ‘BUSINESS LAW’ BINUS

IMG_2353


Kemunculan jenis-jenis usaha yang bergerak di bidang finansial dengan memanfaatkan teknologi informasi (FinTech) merupakan fenomena baru pasca-fenomena transportasi online. Saat ini jenis usaha FinTech memang belum booming, apalagi mempengaruhi tatanan ekonomi di Indonesia pada umumnya, tetapi ke depannya bukan tidak mungkin maraknya keberadaan FinTech ini dapat mengganggu kemapanan sistem pembayaran yang telah dikenal dewasa ini.

Untuk mengantisipasi efek dan risiko negatif dari FinTech di bidang sistem pembayaran ini, maka pihak Bank Indonesia melalui Departemen Hukumnya menjalin kerjasama penelitian dengan Jurusan Business Law BINUS. Sebagai salah satu bentuk realisasi kerjasama penelitian, Deputi Direktur Departemen Hukum Bank Indonesia Amy Rachmi Budiati bersama timnya mengajak para dosen Jurusan Business Law BINUS untuk melakukan brainstorming di Kantor Bank Indonesia pada tanggal 15 Juli 2016. Dari Jurusan Business Law BINUS tampak hadir Abdul Rasyid, Ph.D. dan Dr. Bambang Pratama. Pertemuan ini sendiri merupakan kelanjutan dari kunjungan Deputi Direktur Departemen Hukum BI ke kampus BINUS satu bulan sebelumnya.

Abdul Rasyid dan Bambang Pratama memberikan gambaran umum tentang fenomena FinTech dari segi tantangan hukum dan potensi perkembangan FinTech di masa yang akan datang. Untuk mempertajam diskusi penelitian maka turut diundang dosen Teknologi Informasi (TI) penggiat entrepreneurship, yaitu: A. Bernanda Gunawan dan Anindito untuk dimintai pendapat dari sisi praktis TI dan bisnis.

Kehadiran dosen TI menjadi penting untuk memberikan potret besar perkembangan FinTech dan tentang bagaimana FinTech beroperasi. Dengan kehadiran disiplin ilmu non hukum terkait FinTech, maka Departemen Hukum BI memberi ruang lintas disiplin ilmu dalam meneliti fenomena FinTech. Dengan kajian lintas disiplin ilmu maka diharapkan hasil penelitian nantinya dapat memberikan preskripsi hukum yang lebih baik dalam pengaturan FinTech,sehingga Bank Indonesia dapat berperan aktif dalam memperkuat sistem ekonomi melalui FinTech. (***)


IMG-20160604-WA0024


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close