People Innovation Excellence

DOSEN BINUS DI MUKTAMAR IV IKATAN AHLI EKONOMI ISLAM (IAEI)


Pada tanggal 23 Agustus 2019, Abdul Rasyid, Ph.D.,  dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS menghadiri Muktamar IV Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) yang diadakan di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta. Abdul Rasyid mengikuti acara ini sebagai peserta dari BINUS dan perwakilan  pengurus DPW IAEI DKI Jakarta. Muktamar ini dihadiri oleh hampir tujuh ratus (750) peserta dari berbagai perwakilan pengurus DPW dan Komisariat IAEI di Indonesia. Muktamar kali ini mengambil tema ‘Indonesia Menuju Pusat Ekonomi dan Keuangan Islam Dunia”. Acara muktamar diawali dengan penyampaian keynote speech oleh Prof. Dr. HC. KH. Ma’ruf Amin, sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPP IAEI sekaligus Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

Menurut Ma’ruf Amin, potensi ekonomi syariah di Indonesia sangatlah besar. Berdasarkan Data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), perekonomian Indonesia ke depan akan didominasi oleh masyarakat golongan berpendapatan menengah. Jumlahnya sebesar 75% dari total populasi dan sebagian besar mereka adalah umat Islam. Golongan tersebut menurutnya bisa menjadi pasar dan atau pelaku ekonomi syariah. Berdasarkan data tersebut, Indonesia diharapkan bisa menjadi pusat ekonomi dan keuangan Islam dunia.

Setelah penyampaian keynote speech oleh KH. Ma’ruf Amin, acara Muktamar dilanjutkan dengan High Level Discussion yang disampaikan oleh beberapa pembicara penting, antara lain Sri Mulyani Indrawati, Ph.D. ( Menteri Keuangan RI), Perry Warjiyo, Ph.D. (Gubernur Bank Indonesia), Wimboh Santoso, Ph.D (Ketua Dewan Komisioner OJK) dan Ventje Rahardjo Soedigno (Direktur Eksekutif Komite Nasioanl Keuangan Syariah).

Di akhir acara Muktamar, terpilih ketua umum baru IAEI, yaitu  Sri Mulyani Indrawati, Ph.D. (Menteri Keuangan RI) untuk periode  2019-2023 menggantikan Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro yang telah menjadi memimpin IAEI selama  dua periode. Kami Departemen Business Law BINUS mengucapkan selamat atas terpilihnya Ibu Sri Mulyani Indrawati, Ph.D. sebagai ketua umum IAEI peridoe 2019-2023, semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik dan mengembangkan ekonomi Islam di Indonesia menjadi lebih maju lagi ke depannya. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close