People Innovation Excellence

PELATIHAN KONSULTAN HKI RESMI DITUTUP

Pelatihan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang diselenggarakan oleh Program Business Law BINUS bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, telah berakhr dan ditutup secara resmi tanggal 11 Oktober 2014 di Kampus Anggrek, BINUS, Jakarta Barat. Hadir dalam acara penutupan ini Wakil Rektor Prof. Dr Bahtiar Abbas Saleh dan Direktur Kerjasama & Promosi Ditjen HKI Parlagutan Lubis, S.H., M.H.

Kegiatan pelatihan telah berjalan dilaksanakan dari 24 Mei 2014 sampai 31 Agustus 2014 mengambil tempat di Binus Square, Jl. Budi Raya No 21 Palmerah, Jakarta. Pelatihan ini bertujuan mempersiapkan para peserta yang akan menjadi konsultan paten agar mampu (1) memahami pengaturan hak kekayaan intelektual di Indonesia dan di dunia internasional, (2) memahami cara-cara pendaftaran HKI, (3) memahami cara pengelolaan HKI, dan (4) mengimplementasikan pengetahuan tentang HKI dalam pemberian Konsultasi HKI kepada masyarakat.

Selain pelatihan di kelas, para peserta juga berkesempatan mengunjungi Kantor Direktorat Jenderal HKI telah dilakukan pada tanggal 10 September 2014. Peserta berangkat dari Binus Square menuju kantor Direktorat Jenderal HKI Kuningan dan kemudian ke Direktorat Jenderal HKI Tangerang.

Setiap peserta wajib mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Ditjen HKI. Ujian dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 September 2014. Dari 50 peserta yang mengikuti pelatihan ini, seluruhnya berhasil lulus dan siap dilantik menjadi konsultan HKI dalam waktu dekat di Kantor Kementerian Hukum dan HAM. Sekalipun demikian, ada sebagian kecil peserta diberi izin mengikuti ujian ulangan (her) karena ada beberapa mata ujian yang nilainya belum memenuhi syarat pada ujian pertama.

Dengan berakhirnya pelatihan ini berarti tugas BINUS untuk mengoraganisasikan pelaksanaan pelatihan ini telah berhasil dijalankan. Menurut Ketua Penyelenggara kegiatan, Besar, S.H., M.H. dari Business Law BINUS, setiap peserta yang lulus akan mendapat sertifikat kelulusan pelatihan dari Kemenkumham dan BINUS, serta keputusan pengangkatan sebagai konsultan dari Kemenhumham. Dari Business Law BINUS, ikut serta dalam pelatihan ini tiga orang dosen tetap (faculty member), yaitu Paulus A,F. Dwi Santo dan Bambang Pratama. (***)

altAi48G1oMBzFxvQ6coZe8OyzA929l3iPFTuNIPvi_TW2n.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Prof. Dr. Bahtiar Abbas


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close