People Innovation Excellence

HUKUM BINUS DALAM MOU KEMARITIMAN DENGAN KEMENTERIAN TAIWAN






Kementerian Transportasi dan Komunikasi Taiwan, dalam hal ini diwakili oleh Kantor Maritim dan Kepelabuhan (Maritime and Port Bureau/MPB) pada tanggal 5 Desember 2018, berkesempatan mengunjungi Kampus Alam Sutera BINUS untuk menandatangani perjanjian kerja sama berupa memorandum kesepahaman/MOU dengan tiga jurusan di Fakultas Humaniora. Ketiga jurusan itu adalah Jurusan Hukum Bisnis (Business Law), Jurusan Hubungan Internasional (International Relations) dan Jurusan Sastra China (Chinese Program). Dalam kunjungan beliau yang pertama kali ini ke BINUS ini, Deputy Director General MPB Dr. Pin-Chuan Chen, didampingi oleh beberapa staf MPB dan Atase Ekonomi Kantor Perdagangan Taiwan (TETO) Mr. Li dan General Manager Evergreen Line Mr. Charles Yang. Seusai acara, tamu-tamu dari Taiwan ini diajak mencicipi menu masakan Nusantara dan diakhiri dengan tukar-menukar cendera mata.

Dalam penandatanganan MOU ini hadir tiga ketua jurusan tersebut, yaitu Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D., yang juga adalah Vice Rector bidang kerja sama dan transfer teknologi, bersama dengan Ms Liem Yi YIng (Sastra China) dan Shidarta (Hukum Bisnis). Dalam MOU ini disepakati adanya pertukaran informasi untuk memajukan penelitian dan pemanfaatan sumber kemaritiman dan kepelabuhan di Indonesia dan Taiwan. Ruang lingkup kerja sama antara universitas dan dunia industri ini juga termasuk dalam kegiatan-kegiatan seminar, lokakarya, penelitian manajemen dan legislasi.

Dalam bidang hukum, sangat terbuka untuk dilakukan serangkaian aksi lanjutan yang memungkinkan dosen-dosen BINUS melakukan penelitian di kementerian tersebut. Bidang hukum kemaritiman, khususnya yang berdimensi privat dan komersial, adalah area kajian yang memang belum banyak menarik minat kalangan akademisi untuk menekuninya.

MOU ini adalah tindak lanjut dari hasil kunjungan tiga ketua jurusan di atas pada Oktober 2018. Pada kunjungan tersebut, Tirta N. Mursitama, Shidarta, dan Yi YIng diterima di Kantor MPB dan dibawa berkeliling meninjau unit-unit kerja di sana. Selama kunjungan rombongan BINUS juga melakukan pembuatan beberapa video untuk proyek penelitian Taiwan Studies Project. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close