People Innovation Excellence

MARIA AGUSTINE WIBOWO: ‘BUDDY COORDINATOR’ DALAM PEKAN ORIENTASI MAHASISWA BARU

Setiap kali diadakan pekan orientasi mahasiswa baru, yang di BINUS dikenal dengan Freshman Enrichment Program (FEP), selalu tampak figur-figur berbaju almamater yang sibuk membantu adik-adik kelas mereka. Figur-figur ini adalah para buddy coordinators (BC), yakni sosok mahasiswa yang diseleksi secara ketat di tingkat universitas. Mereka disebar ke berbagai jurusan/program studi, sehingga tidak ada pengelompokan BC berdasarkan bidang keilmuan. Model seperti ini salah satu faktor yang membuat pekan orientasi mahasiswa baru di BINUS sangat jauh dari kesan perploncoan. Acara FEP seluruhnya diisi dengan pembekalan materi yang diharapkan mampu menyiapkan mahasiswa baru memasuki lingkungan pendidikan tinggi. Tidak ada kesempatan untuk munculnya praktik kekerasan dalam acara-acara seperti ini karena peran BC lebih sebagai mitra yang siap sedia menjembatani komunikasi antara universitas sebagai penyelenggara FEP dan para mahasiswa baru yang belum cukup mengenal lingkungan belajar-mengajar di BINUS.

Salah satu figur BC yang direkrut dari Jurusan Business Law BINUS adalah Maria Agustine Wibowo, mahasiswa Binusian 2016 (angkatan 2012). Pagi-pagi hari ia sudah tampak sibuk menuntun adik-adik kelasnya dari berbagai area bidang studi untuk masuk ke auditorium utama di lantai empat Kampus Anggrek BINUS. Aktivitas Maria sebagai BC tidak mengurangi prestasi belajarnya di bidang akademik, sehingga pada acara dies natalis ke-4 Jurusan Business Law BINUS tanggal 5 Juni 2015 yang lalu, ia mendapat penghargaan sebagai mahasiswa yang teraktif di kelas pilihan para dosen. Artinya, di mata para dosen, Maria cukup dikenal aktif merespons perkuliahan yang diberikan oleh dosen, seperti sering bertanya dan rajin mengerjakan tugas-tugas yang diberikan selama perkuliahan. Mudah-mudahan aktivitas Maria dapat diikuti oleh rekan-rekannya yang lain. (***)

Berikut ini adalah jadwal FEP untuk angkatan mahasiswa baru yang masuk tahun 2015 (Binusian 2019):

General Orientation FEP Binusian 2019

Batch 1 (ABN)

27 Juli – 1 Agustus 2015

Batch 2 (BBN)

3 – 8 Agustus 2015

Batch 3 (CBN)

10 – 15 Agustus 2015

Batch 4 (DBN)

18 – 22 Agustus 2015

Batch 5 (EBN)

24 – 29 Agustus 2015

Inaugurasi

3 September 2015

 


 

IMG_0050.2

 

FullSizeRender.000
Mahasiswa baru Business Law BINUS pada saat pembukaan FEP di Kampus Syahdan, tanggal 29 Juli 2015.

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close