People Innovation Excellence

TIGA MAHASISWA BUSINESS LAW BINUS MENJADI FINALIS LOMBA “LEGAL OPINION”

IMG_0596-3


Tiga mahasiswa Business Law BINUS, yaitu Britania Hanif Putri, Reinhard Surya, dan Emir Emerald, menjadi finalis dari Legal Opinion Writing Contest 2016. Setelah melalui proses seleksi terkait substansi pendapat hukum yang mereka ajukan, para finalis kemudian diminta mempresentasikan secara verbal pendapat hukum mereka. Semua proses lomba ini, mulai dari penulisan pendapat hukum sampai dengan presentasi dan penjurian, dilakukan dalam bahasa Inggris.

Lomba penulisan pendapat hukum ini merupakan model pelatihan yang didesain oleh Mr. Kin Wah Chow dari Suryomurito & C9. Beliau adalah konsultan hukum dari Singapura yang mendedikasikan sebagian waktunya secara probono dalam bentuk corporate social responsibility (CSR) di Jurusan Business Law BINUS. Bertindak sebagai juri, selain Kin Wah Chow adalah Jack McNaught (konsultan hukum dari Australia), dan Gunawan Suryomurcito dari Kantor Hukum Suryomurcito& Co. Pada saat presentasi verbal, ikut bergabung pula sebagai juri adalah Prof. Dr. Stefan Koos dari Jerman. Jack McNaught tidak dapat hadir dalam acara presentasi, tetapi sudah memberikan cacatan dan penilaian secara tertulis.

Para juri merasa bangga dengan tampilan mahasiswa-mahasiswa Jurusan Business Law BINUS yang mampu membuat pendapat hukum dan berhasil mempertahankan pendapat mereka dengan argumentatif dalam bahasa Inggris yang baik. “Ketika saya seusia mereka, saya sendiri tak bisa dengan penuh percaya diri berbicara di hadapan para juri seperti ini. Dari banyak perguruan tinggi yang saya kunjungi, Jurusan hukum BINUS ternyata termasuk yang serius mengelola suasana pembelajarannya,” ujar Stefan Koos yang merupakan guru besar dari Universitas Bundeswehr Munchen, Jerman. Ia juga sedang terlibat menjadi visiting professor di Jurusan Business Law BINUS dan selama dua minggu sejak akhir Maret 2016 telah masuk di kelas-kelas untuk memberikan perkuliahan dan mengikuti diskusi dengan para dosen. Kin Wah juga memuji penampilan para mahasiswa dengan mengatakan, “Orangtua mahasiswa ini tentu bangga melihat penampilan putera puteri mereka yang baru kuliah di BINUS pada tahun pertama dan kedua seperti ini, tapi sudah bisa berani tampil menyajikan pikiran-pikiran mereka.”

Britania Hanif Putri tampil sebagai juara pertama dalam lomba ini, sedangkan Reinhard Surya dan Emir Emerald secara bersama-sama menjadi juara kedua. Ikut hadir dalam acara final lomba ini adalah Ketua Jurusan Business Law BINUS Shidarta, dan dua orang dosen lainnya Dr. Besar dan Abdul Rasyid, Ph.D.

Dalam kata penutupannya, Shidarta mengucapkan terima kasih atas dukungan Suryomurcito & Co. Lawfirm yang telah memfasilitasi lomba ini. Apalagi lomba ini ditujukan secara khusus bagi mahasiswa Jurusan Business Law BINUS, sebagai model pembelajaran yang sangat efektif karena mahasiswa ditantang untuk melakukan riset, membaca referensi, berdiskusi dengan pembimbing, dan kemudian secara oral menyajikan argumentasi mereka, sekaligus mengeksplorasi penguasaan bahasa Inggris mereka dalam laparan hukum. (***)


IMG_0591


IMG_0593


IMG_0594


IMG_0595

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close