People Innovation Excellence

SEMINAR KONSTRUKSI TEORI HUKUM DI UGM


Pada tanggal 25 dan 26 April 2024, bertempat di Kampus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, berlangsung beberapa kegiatan, dengan mengundang Shidarta, dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS sebagai narasumber. Acara tersebut dikemas dalam tiga sesi, digagas dan diselenggarakan oleh Program Magister Ilmu Hukum UGM. Acara dibuka oleh Sri Wiyanti Eddyono, S.H., LL.M(HR)., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum, FH UGM didampingi Sekretaris Program Studi Ardianto Budi Rahmawan, S.H., LL.M. 

Pada hari pertama, diadakan FGD tentang panduan penulisan proposal tesis MIH UGM. Di sini hadir para dosen dan mahasiswa MIH UGM yang terlibat langsung dalam penulisan dan penggunaan panduan penulisan proposal tesis MIH UGM. Pada hari kedua diadakan kuliah umum tentang konstruksi teori hukum dan pemanfaatannya untuk penelitian hukum. Shidarta pada sesi ini menguraikan tentang hal-hal mendasar dalam bangunan teori hukum dan langkah-langkah untuk menemukan konsep, proposisi, dan teori hukum. Pada sesi ketiga yang diadakan seminar, yang dipandu oleh Dr. Yance Arizona dan dua pembicara, yakni Shidarta dan Dr. Rikardo Simarmata. Pada sesi terakhir ini dibahas tentang pendekatan multi- dan interdisipliner dalam penelitian hukum dengan melibatkan ilmu-ilmu empiris tentang hukum. Pada kesempatan itu juga diintroduksi buku karya Shidarta yang paling baru, berjudul “Ilmu-Ilmu Empiris tentang Hukum: Penerapannya dalam Kajian Sosio-Legal” terbitan Prenada tahun 2024.

Sesi kedua dan ketiga dari kegiatan ini diikuti lebih dari 50 orang mahasiswa dari berbagai angkatan. Berbagai pertanyaan terkait dengan kedudukan teori hukum, metodologi penelitian hukum, kajian sosio-legal, dan etika penelitian, turut diperbincangkan. Dr. Sri Wiyanti Eddyono mengapresiasi antusiasme para peserta dan berharap materi yang disampaikan selama dua hari kegiatan tersebut dapat memperbaiki kualitas penelitian dan penulisan tesis di Program MIH UGM. (***)



Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close