People Innovation Excellence

DISKUSI PENULISAN BUKU DENGAN DOSEN-DOSEN FH UNTIRTA


Pada tanggal 2 Desember 2022, dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, Shidarta, diundang menjadi narasumber dalam acara yang diberi tajuk Bimbingan Teknis Penulisan Book- Chapters. Acara ini diadakan oleh dosen-dosen Bidang Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, Banten. Acaranya berlangsung secara zoom.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FH Untirta Dr. Agus Prihatono P.S., S.H., M.H. dan dimoderatori oleh Pembantu Dekan III Dr. Rena Yulia, S.H., M.H. ini mendiskusikan hal-hal teknis yang perlu dicermati apabila para dosen ingin menulis buku bersama dalam bentuk book-chapters. Shidarta lebih banyak menceritakan pengalamannya menulis sejumlah buku yang digunakan sebagai buku standar bidang keilmuan, serta merekomendasi beberapa langkah agar kendala yang biasa dihadapi para penulis, dapat diatasi.

Menurut Shidarta, sebuah buku berformat book-chapters yang ditulis para kolegial sesama dosen, umumnya tidak dimulai dari ketersediaan tulisan, melainkan justru berawal dari kesepakatan para dosen untuk menulis. Jadi, tulisan-tulisannya sendiri belum ada, baru akan ditulis. Untuk itu perlu orang yang bertindak sebagai motor, yang mungkin sekaligus sebagai editor dari calon buku itu. Dialah yang harus rajin mengingatkan komitmen untuk menulis ini dengan membuat jadwal kerja yang tegas.

Kerangka Acuan Kerja (KAK) perlu disusun lebih rigid. Apabila editor tidak siap dengan sistematika yang ditentukan secara top-down, maka tidak mengapa untuk memulai dari langkah agak ke belakang. Langkah paling awal itu adalah dengan meminta para dosen yang berkomitmen menulis itu untuk mengirimkan terlebih dulu abstrak tulisan mereka. Ajak mereka bersama-sama mendiskusikan abstrak masing-masing agar terbayangkan sistematika masing-masing tulisan. Tiap dosen dapat saling mengoreksi dan melengkapi agar sistematika keseluruhan buku dapat diperoleh dan diketahui oleh semua calon penulis itu.

Materi diskusi yang dilangsungkan sekitar dua jam ini dapat diperoleh melalui tautan berikut: http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.21079.96165/1

 

 

 

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close