People Innovation Excellence

DR. STIJN CORNELIS VAN HUIS DALAM PANEL KONFERENSI AFHI 2021

Dalam acara hari kedua Konferensi ke-8 Asosiasi Filsafat Hukum Indonesia, Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS bertindak sebagai pengelola panel. Dalam panel yang mengambil topik “Disrupsi Digital dalam Perspektif Filsafat Hukum” ini tampil para pembicara: Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait (bersama para penulis Dr Siti Anisah dan Dr. Eugenia Mardanugraha), Hardodi, S.H., M.H., Dewantoro, S.H., M.H., Ilham Yuli Isdiyanto, S.H., M.H., Frans Americus Wuwur, S.H., M.H.,, Muhammad Azil Maskur, S.H., M.H., Kadek Cahya Susila Wibawa, S.H., M.H, dan Pidari Sinaga, S.H, M.H.

Prof. Ningrum membahas tentang pentingnya kajian filsafat hukum terhadap ekonomi pasar Pancasila yang mewarnai hukum persaingan usaha di Indonesia. Guru besar FH Universitas Sumatera Utara yang adalah Ketua Forum Dosen Persaingan Usaha tersebut menyadari ketika UU No. 5 Tahun 1999 dibentuk, ada suasana tergesa-gesa, sehingga filosofi ini belum sempat dipikirkan secara mendalam. Menurutnya, sudah saat kita memikirkan nilai-nilai Pancasila untuk diakomodasikan ke dalam hukum persaingan usaha, khususnya dalam rangka menyikapi perubahan UU No. 5 Tahun 1999.

Pembicara lain yang sebagian besar merupakan mahasiswa program doktor hukum, menyoroti keterkaitan disrupsi digital terhadap pendidikan filsafat hukum, pengajaran di era pandemi, kecerdasan buatan, dan kebangkitan hukum adat. Pada intinya, semua pembicara setuju bahwa disrupsi ini menawarkan tantangan baru, tetapi tidak sedikit pula gesekannya terhadap eksistensi hukum dan cara kita berhukum. Ada konsep-konsep hukum yang harus ditinjau ulang, metode pengajaran/pembelajaran, sampai pada dimensi etis dalam pemanfaatan teknologi digital itu.

Dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS Dr. Stijn Cornelis van Huis menjadi moderator untuk acara yanfg berlangsung pada tanggal 11 Desember 2021 pukul 12:00-15:30 wib ini. Ikut hadir dalam diskusi di panel ini dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS Shidarta, Dekan FH UAJY Dr. Y. Sarimurti Widyastuti, S.H., M.Hum. dan dosen FH Universitas Pasundan Dr. Subelo Wiyono, S.H., M.Pd. Tuan rumah Konferensi AFHI tahun 2021 ini   adalah Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta. BINUS menjadi co-host bersama dengan sejumlah perguruan tinggi dan organisasi lainnya. (***)





 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close