People Innovation Excellence

Reza Zaki Menjadi Juri NASACOM 2021 ILSA International Law Essay Competition di FH UNS

Pada hari Sabtu, 14 November 2021, Muhammad Reza Syariffudin Zaki atau Reza Zaki menjadi Juri NASACOM 2021 ILSA International Law Essay Competition di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

International Essay Competition (NASACOM) merupakan salah satu program kerja International Law Students Association (ILSA) Chapter Universitas Sebelas Maret di bawah divisi International Law Development yang diselenggarakan sebagai bentuk kontribusi ILSA Chapter UNS dalam mempromosikan hukum internasional kepada mahasiswa hukum di Indonesia melalui kompetisi esai nasional dengan mengangkat isu hukum internasional di seluruh dunia. Sesuai dengan tujuan ILSA Chapter UNS secara umum, pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pendidikan hukum dengan menyediakan kesempatan bagi mahasiswa hukum untuk dapat bersaing dalam kompetisi esai guna meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berpikir dan meningkatkan kemampuan komprehensif mahasiswa yang diimplementasikan ke dalam bentuk tulisan. Disamping itu, NASACOM secara khusus bertujuan untuk meningkatkan daya saing para mahasiswa hukum.

Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS) adalah perjanjian internasional yang diadopsi dan ditandatangani oleh para negara pesertanya pada tahun 1982. UNCLOS menggantikan empat Konvensi Jenewa April 1958, yang masing-masing menyangkut laut teritorial dan zona tambahan, landas kontinen, laut lepas, perikanan dan konservasi sumber daya hayati di laut lepas. Dunia internasional tidak akan pernah terlepas dengan hukum laut ini selama masih dilaksanakan perdagangan melalui jalur perairan, dan juga beberapa negara yang menggantungkan mata pencahariannya melalui beberapa sumber daya yang bersumber dari laut, serta membuat beberapa objek wisata di lingkup perairan. Hal-hal tersebut menjadikan hukum laut internasional sangat penting untuk diperhatikan dan dimengerti agar tidak terjadi hal-hal yang menyimpang atau menyeleweng dari batas-batas yang telah ditentukan.

NASACOM 2021 mengangkat tema Hukum Laut Internasional karena selain dengan adanya konvensi ini Indonesia diakui secara yuiridis sebagai negara kepulauan oleh negara-negara di dunia, Hukum Laut Indonesia mengatur perairan internasional yang mudah sekali terekspos batasannya dengan batasan lain, sehingga beberapa permasalahan yang terjadi di laut atau kegiatan-kegiatan yang terjadi di lautan, dapat dengan mudahnya mempengaruhi wilayah sekitarnya yang saling berbatasan. Dengan demikian, Hukum Laut Internasional dapat menjadi bahasan topik yang menarik melalui isu-isu terkini dan kasus-kasus yang terjadi di dunia nyata. [***]


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close