People Innovation Excellence

Reza Zaki, dosen Business Law, Menjadi Juri Legal Opinion di FH UNS

Pada hari Sabtu, 6 November 2021, Muhammad Reza Syariffudin Zaki atau Reza Zaki menjadi Juri Legal Opinion Pekan Hukum Nasional 2021 Piala Prof K.G.P.H. Haryo Mataram Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Terdapat 8 (Delapan) Peserta yang masuk ke Babak Grand Final dengan tema “Instrumen Hukum Terhadap Etika Perusahaan Dalam Pemulihan Ekonomi Dan Kelestarian Lingkungan”.

Dalam waktu dekat ini banyaknya kejadian kerusakan alam maupun non alam yang berkaitan dengan operasi perusahaan baik itu perusahaan minyak dan gas maupun perusahaan yang berkaitan dengan perkebunan. Maraknya kejadian kerusakan alam seperti kebakaran hutan, bocornya minyak yang menyebabkan polusi udara, air maupun tanah membuat masyarakat kecil harus gulung tikar akibat tidak dapatnya beraktivitas seperti biasanya. Para pengusaha kecil ini tentu tidak terima akan kejadian yang menimpa mereka dan pastinya meminta ganti rugi terhadap pihak perusahaan penyebab pencemaran lingkungan tersebut. Sehingga perlu adanya upaya hukum untuk menyelesaikan perkara seperti ini yakni bisa dengan cara litigasi maupun non litigasi. Dalam kompetisi ini, mahasiswa Fakultas Hukum akan berkompetisi menunjukkan, keterampilan, untuk menyusun dan juga mempraktikkan bagaimana solusi hukum terhadap suatu permasalahan tersebut, yang mana merupakan suatu solusi terhadap masyarakat yang terkena dampaknya secara langsung guna meminta kerugian secara materiil maupun immateriil terhadap perusahaan yang melanggar kode etik dan mencemarkan lingkungan.

Dalam menyusun sebuah Legal Opinion, peserta Kompetisi kemudian dituntut untuk menyusun Legal Opinion sesuai dengan kasus posisi yang telah disediakan oleh panitia kompetisi. Namun, panitia juga memberikan kebebasan kepada peserta untuk menginterpretasikan kasus posisi tersebut sepanjang tidak bertentangan dengan klausul yang telah ada dalam kasus posisi. Selain itu, Legal Opinion juga harus memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada dan memuat mengenai klausul-klausul yang ditentukan dalam kasus posisi. Kompetisi Legal Opinion ini diharapkan menjadikan sarana bagi peserta untuk mengasah kemampuan analisis dan praktik Hukum Lingkungan dan Hukum Ekonomi sehingga mampu mendukung terciptanya sarjana hukum yang berkompeten [***]


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close