People Innovation Excellence

TALKSHOW “HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL” DI KAMPUS ALAM SUTERA

Tanggal 22 Oktober 2014 lalu, bertempat di Kampus baru BINUS di Alam Sutera, Tangerang, berlangsung acara talkshow yang digagas oleh Fakultas Humaniora BINUS. Tampil sebagai salah satu pembicara dalam acara ini adalah Besar, S.H., M.H., salah seorang dosen senior di Business Law Departement BINUS.

Besar membawakan topik mengenai perlindungan hak kekayaan intelektual menurut sistem hukum Indonesia. Dalam paparannya, beliau menegaskan betapa pentingnya perlindungan ini dilakukan, khususnya tatkala Indonesia mulai bergabung dalam komunitas ASEAN pada tahun 2015.  Menurutnya, pranata hukum di bidang hak kekayaan intelektual di Indonesia sebenarnya sudah lengkap, bahkan termasuk sering diperbarui dari waktu ke waktu. Perhatian Pemerintah Indonesia juga terbilang lumayan gencar dalam mensosialisasikan perlunya masyarakat makin menghormati hak kekayaan intelektual.

Sayangnya, secara budaya, masyarakat kita masih belum cukup responsif untuk mendukung kebijakan yang lebih memberi perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual ini. Filosofi hak kekayaan intelektual yang mengedepankan proteksi terhadap hak-hak individual ketimbang hak-hak kolektif, boleh jadi menjadi salah satu hambatan yang membuat masyarakat belum siap menerima perlindungan hukum terhadap hak kekayaan intelektual ini. Belum lagi persoalan daya beli yang tergolong masih rendah.

Talkshow yang diadakan dalam rangka peresmian kampus Alam Sutera ini juga menampilkan pembicara lain, seperti Prof. Dr. A. Dahana, Prof. Dr. S. Chandra, Dr. Johannes A. A. Rumeser, dan Jimmy Sapoetra, yang menyoroti berbagai permasalahan nasional dari perspektif multidispliner. (***)

WP_20141021_011-2


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close