People Innovation Excellence

ARTA SIREGAR, MAHASISWA HUKUM BINUS YANG MASUK “88-RISING STAR”



Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI berencana dalam waktu dekat akan mengirim beberapa penyanyi Indonesia bertalenta ke Amerika Serikat lewat program Indonesia Creative Incorporated (ICINC). Dari total peserta 536 orang yang mengirim video musiknya, ada beberapa orang yang terpilih. Mereka akan terbang ke Los Angeles mengikuti tahap talent development dan tampil dalam Head in the Clouds Festival.

Para penyanyi muda tersebut salah satunya adalah mahasiswa Jurusan Hukum Bisns BINUS Amanta Arthadia “Arta” Siregar (asal Jakarta). Selain itu juga terdapat nama-nama anak muda Indonesia lainnya, seperti Devinta Trista Agustina (Sidoarjo), Monica “Moneva” Eva Sancti (Banten), Nicholas “Nick” Hardy (Jakarta), dan Steffani Baretta P. Murni (Malang), serta seorang runner-up yaitu Marcello “Cellosux” Laksono (Jakarta).

Dalam program ini, Bekraf bekerja sama dengan 88rising, label rekaman asal Amerika Serikat yang telah berbagai mengorbitkan seniman Asia ke pasar global, di antaranya ada dua solis Indonesia yaitu Nicole “Niki” Zefanya dan Brian “Rich Brian” Immanuel, penyanyi rap fenomenal asal Jakarta Barat yang belum lama ini menemui Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

“Selama tahap open call, kami terpukau dengan banyaknya solis berbakat Indonesia, yang membuat proses kurasi menjadi seru dan penuh dengan diskusi,” ungkap Oliver Zhang, Artist Manager 88rising. Menurut Ricky Pesik, Wakil Kepala Bekraf, ICINC memang bertujuan untuk menemukan para penerus Rich Brian dan Niki, yang sudah berhasil menempatkan karya mereka di pasar global. Namun, Bekraf sekadar memberi fasilitas. Untuk urusan pemilihan dan pendidikan talenta diserahkan sepenuhnya pada 88rising.

“Kemampuan 88rising untuk membaca dan melakukan seleksi sudah mumpuni,” ujar Ricky dalam acara konferensi pers ICINC di restoran Baxter Smith, Jakarta Selatan. “Kami bekerja sama dengan 88rising karena mereka sangat profesional dalam membina artis-artisnya. Bidang keahlian mereka di situ. Kalau Bekraf, ‘kan lembaga pemerintah,” ujar Ricky sambil tertawa. Tak hanya talenta saja yang dibutuhkan untuk melahirkan Rich Brian berikutnya. Dibutuhkan juga tekad kuat dan kerja keras untuk mengarungi industri musik global yang sangat keras. Dari awal, para pemenang sudah diberitahu bahwa jika terpilih, mereka harus menanamkan tujuan hidup untuk tak hanya berkarier di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Tak hanya kemampuan bernyanyi, tapi juga kemampuan mandiri dan kesiapan untuk tidak selalu berada di zona nyaman,” ujar Andi Sadha, Ketua Komite Indonesia Rising. Dari segi teknik, Moneva dan kawan-kawan dibekali berbagai materi dan kegiatan seperti penulisan dan produksi lagu, pembuatan video klip musik, pelatihan media, bahasa Inggris, serta dance. “Semuanya akan dimentori oleh 88rising,” jelas Andi.

Ini demi performa maksimal saat mereka manggung di Head in the Clouds Festival. Pagelaran ini merupakan festival musik yang menampilkan berbagai musisi Asia ternama dari seluruh dunia. Di antaranya ada Rich Brian, Joji, Niki, Jackson Wang, iKON, DPR Live, dan Dumbfoundead. (***)


Tulisan dan foto dalam artikel ini dikutip dari: “Bekraf siap kirim para penerus Rich Brian ke Los Angeles”

 <https://beritagar.id/artikel/seni-hiburan/bekraf-siap-kirim-para-penerus-rich-brian-ke-los-angeles>.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close