People Innovation Excellence

Dosen Binus Turut Serta Pada Seminar Nasional Yang Diselenggarakan oleh Asosiasi Pengajar Hukum Adat (APHA)

Rasanya memang pas seminar ini diselenggarakan di Palembang, pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2019. Bertindak sebagai tuan rumah acara ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda Palembang (STIHPADA). Acara dibuka oleh Ketua APHA, yaitu Dr. St. Laksanto Utomo, S.H.,MH dan didampingi oleh Ketua STIHPADA / Pembina yaitu; Dr. H. Firman Freaddy Busroh, S.H.,M.Hum. Terasa istimewa karena acara dihadiri pula oleh Sultan Mahmud Badaruddin IV Kesultanan Palembang Darussalam yaitu : Pangeran Ratu Jayadikrama RM. Fawwaz Diraja. S.H.,M.Kn, yang sekaligus menjadi keynote speaker.

Pada acara ini, perwakilan dari Program Studi Ilmu Hukum, Binus University, Paulus Aluk Fajar Dwi Santo, mengajukan dua pertanyaan mengenai prospek Blok Masela kepada Prof. Dr. Ir Abrar Saleng, S.H.,MH., salah satu pembicara utama dan praktisi hukum di bidang pertambangan. Pertanyaan pertama yang diajukan adalah bagaimana Blok Masela dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat adat setempat, terutama terkait dengan Dana Bagi Hasil dan Participation Interest yang diberikan ke daerah sumber sebesar 10 persen. Pertanyaan kedua adalah bagaimana penentuan hak ulayat laut dapat dilakukan, mengingat Blok Masela ini dapat berlokasi onshore maupun offshore. Pada kesempatan ini pula APHA bersepakat untuk melakukan research bersama mengenai pemetaan Hukum Waris Adat di Indonesia. Sukses acara ini rupanya didukung pula oleh kondisi alam yang cukup bersahabat: hujan pada malam hari menjadikan 2 hari penyelenggaraan acara ini bebas dari kabut asap yang hari-hari sebelumnya menjadi masalah tersendiri bagi kota Palembang. Terimakasih kepada APHA dan STIHPADA.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close