People Innovation Excellence

KONTRIBUSI PEMIKIRAN UNTUK RENSTRA KOMISI YUDISIAL


Komisi Yudisial Republik Indonesia (KY-RI) pada tanggal 23 April 2019, bertempat di Hotel Harris Tebet, Jakarta, mengadakan focus group discussion (FGD) mengenai rencana strategis (renstra) lembaga tersebut untuk lima tahun ke depan. Hadir dalam acara ini adalah Ketua KY-RI Dr Jaja Ahmad Jayus dan anggota KY-RI Sukma Violetta. Para narasumber yang diundang antara lain Shidarta (BINUS), Susi Dwi Harijanti (Unpad), Widodo Dwi Putro (Unram), Zainal A. Mochtar (UGM), Feri Amsari (Unand), Tama S. Langkun (ICW).

Pada kesempatan selanjutnya, setelah sesi renstra, diadakan diskusi tentang program kerja Komisi Yudisial dalam penulisan anotasi yurisprudensi. Program ini disebut Karakterisasi Yurisprudensi. Dalam paparannya, Shidarta menekankan kebutuhan KY-RI untuk terus membantu para hakim agar dapat menghasilkan putusan yang lebih baik. “Jangan sampai KY-RI meminta agar hakim menghasilkan putusan yang baik, tetapi tidak banyak berbuat untuk meringankan tugas-tugas profesional para hakim tersebut,” ujar Ketua Jurusan Hukum Bisnis BINUS tersebut. Karakterisasi Yurisprudensi merupakan salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan, sehingga para hakim merasa ada kedekatan antara tugas-tugas mereka dengan fungsi KY dalam menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Catatan Shidarta tentang Renstra KY-RI 2020-2024 sudah pernah diberikan secara tertulis. Catatan ini pernah dipublikasikan melalui situs web BINUS:

RENSTRA KOMISI YUDISIAL DALAM OPTIK PUBLIK DAN INTERNAL HAKIM

 

 

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close