People Innovation Excellence

KINERJA KPK TAHUN 2017 DAN PENDIDIKAN ANTI-KORUPSI DI BINUS


Dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS Vidya Prahassacitta, SH.MH, pada hari Senin, 12 Maret 2018 berkesempatan mewakili pimpinan Jurusan Hukum Bisnis BINUS menghadiri undangan rutin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam acara Peluncuran Laporan Tahunan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tahun 2017. Acara seperti ini merupakan bagian dari kewajiban KPK untuk memenuhi kewajiban keterbukaan informasi publik dan pertanggungjawaban kinerja KPK sebagaimana dimaksud dalam undang-undang.

Acara Tahun ini bertema “KPK Membangun Komunikasi Mempererat Silaturahmi” yang dibagi ke dalam dua sesi (sub-acara). Pertama, pemaparan hasil kerja dan penyampaian Laporan Tahun 2017 dari Pimpiman KPK kepada pimpinan lembaga negara lainnya. Kedua, KPK mendengarkan masukan dari para pimpinan lembaga negara baik yang mewakili unsur legislatif, eksekutif dan yudikatif maupun lembaga penegak hukum, lembaga negara lainnya yang merupakan mitra kerja KPK, lembaga swadaya masyarakat, dan akademisi. Hadir dalam kesempatan ini antara lain Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Dr. Bambang Soesatyo dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Dalam kesempatan tersebut KPK memberi catatan tentang kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai oleh KPK selama satu tahun terakhir. Namun, di sisi lain lembaga ini terus memberi akses bagi para pengemban kepentingan untuk ikut mengkritisi sepak terjang lembaga anti-raswa ini. Tidak sekadar dalam aspek penegakan, melainkan juga aspek pencegahannya. Univesitas Bina Nusantara sendiri cukup dikenal di kalangan KPK, sebagaimana disebut-sebut dalam paparan Ketua KPK saat beraudiensi ke DPR beberapa waktu yang lalu, sebagai salah satu contoh perguruan tinggi yang berani mengambil sikap tegas terhadap mahasiswanya yang tertangkap menyontek selama ujian. Dukungan nyata dalam bentuk kebijakan-kebijakan tegas seperti ini, menurut Ketua KPK waktu itu, sejalan dengan program pre-emptive KPK dalam membangun budaya anti-korupsi. (***)

 

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close