People Innovation Excellence

DOSEN BINUS DR. REZA ZAKI MERAIH GELAR DOKTOR SEBELUM 30 TAHUN


Muhammad Reza Syariffudin Zaki merupakan dosen termuda di Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS. Selain sebagai dosen, ia dikenal aktif dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan. Pada tanggal 8 Februari 2019, Reza Zaki meraih gelar doktor bidang hukum di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung, dengan mengangkat penelitian disertasi berjudul “KebijakanIndonesia dalam Subsidi Pertanian Domestik untuk Solusi Permanen pada Isu StokPangan sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan” di bawah promotor Prof. Dr. Huala Adolf, S.H., LL.M., FCB.Arb., co-promotor Prof. Dr. An An Chandrawulan, S.H., LL.M., dan Dr. Hj. Sinta Dewi, S.H., LL.M. Oponen Ahli Prof. Dr. Tarsisius Murwadji, S.H., M.H., Prof. Dr. H. Hatta, S.H., M.H., dan Dr. Hj. Ietje K. Andries, S.H., M.H., serta representasi Guru Besar Prof. Dr. Ida Nurlinda, S.H., M.H.

Dalam disertasinya, Dr. Muhammad Reza Syariffudin Zaki, S.H., M.A. yang mendapat gelar doktornya sebelum berusia 30 tahun, mengemukakan beberapa temuan. Menurutnya, dalam rangka untuk mencapai solusi permanen di dalam isu public stockholding, maka G-33 dapat menggunakan mekanisme Plurilateral Agreement di mana terdapat sejumlah negara di bawah WTO yang dapat menyepakati poin-poin pembahasan public stockholding untuk dibawa menjadi kebijakan pangan di WTO. Sepanjang belum tercapainya solusi permanen dalam isu public stockholding, maka G-33 termasuk Indonesia dapat memanfaatkan Pasal 13 Agreement on Agriculture sebagai fasilitas untuk memberikan subsidi pertanian domestik kepada petani lokal lebih dari batas de minimis yakni 10% tanpa digugat di lembaga penyelesaian sengketa WTO. Indonesia bersama Satgas G-33 harus secara konsisten menuntut pelaksanaan prinsip transparency di WTO terutama pada laporan domestic support masing-masing Negara anggota WTO agar tercipta keharmonisan dan ketahanan pangan dunia. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close