People Innovation Excellence

PARTISIPASI DOSEN BINUS DALAM PROSES REKRUTMEN HAKIM HUBUNGAN INDUSTRIAL


Rekrutmen hakim-hakim di lingkungan Mahkamah Agung, yakni untuk hakim pengadilan hubungan industrial, pada tahun 2017, telah berlangsung. Salah satu bentuk penilaian untuk proses rekrutmen itu dilakukan dalam bentuk tes tertulis. Penilainya terdiri dari dosen dan praktisi, dan sejak beberapa tahun terakhir Program Studi Hukum Bisnis (Business Law) BINUS dipercaya untuk membantu tim penilai penulisan makalah dalam proses rekrutmen para hakim tersebut.

Ketua Jurusan Hukum Bisnis BINUS pada tanggal 23 Oktober 2017 lalu, bertempat di Gedung Komisi Yudisial RI, ikut melakukan penilaian terhadap karya-karya tulis berbentuk makalah ini. Ada 58 calon hakim yang dinilai makalahnya, masing-masing oleh Dr. Shidarta (BINUS), Prof. Aloysius Uwiyono (Universitas Indonesia), dan Dr. M. Hadi Shubhan (Univesitas Airlangga). Hasil penilaian makalah ini akan digabung dengan aspek penilaian lain di bawah subtim berbeda.

Menurut Komisioner KY yang membidangi rekrutmen hakim, Drs. H. Maradaman Harahap, S.H., M.H., walaupun para hakim tersebut bukan hakim agung, standar rekrutmen yang ditetapkan sekelas dengan seleksi hakim agung. Itulah sebabnya, tes-tes yang diberikan ini disiapkan dengan serius dengan melibatkan para ahli untuk membuat dan menilainya. Untuk penilaian makalah ini, setiap karya tulis ditelaah oleh dua orang penilai, dan apabila ada perbedaan penilaian 20 poin ke atas, maka makalah itu akan dinilai oleh orang ketiga. Untuk proses rekrutmen kali ini, diproyeksikan akan dapat ditetapkan delapan orang hakim hubungan industrial. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close