People Innovation Excellence

DOSEN HUKUM BINUS SEBAGAI AHLI “TAX AMNESTY” DI SIDANG MAHKAMAH KONSTITUSI

3


Untuk kesekian kalinya dosen Jurusan Business Law BINUS diundang memberikan keterangan ahli di Mahkamah Konstitusi. Kali ini yang diminta hadir adalah M. Reza Syarifudin Zaki (Reza Zaki) sebagai ahli di bidang hukum perdagangan internasional. Beliau hadir mendukung pandangan para pemohon dalam perkara Nomor 57/PUU-XIV/2016, 58/PUU-XIV/2016 dan 59/PUU-XIV/2016 terkait  UU Pengampunan Pajak. Menurutnya, undang-undang ini telah menciptakan inkonsistensi terhadap rezim undang-undang perpajakan. Menurutnya, Pasal 21 ayat (2), (3), dan (4) UU Pengampunan Pajak menunjukkan upaya tidak kooperatif dalam membangun transparasi untuk kepentingan perpajakan maupun perdagangan internasional.

Selain itu, Reza menilai seharusnya UU Pengampunan Pajak memiliki semangat untuk mendorong upaya negara-negara Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang ingin merevisi kerahasiaan bank yang dianggap dapat menghambat laju keterbukaan informasi pada 2018 mendatang. “Namun Pasal 22 UU Pengampunan Pajak yang mengesankan imunitas hukum pejabat Negara, dalam hal pelaksanaan pengampunan pajak, mencederai semangat equality before the law,” ujarnya. (***)

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close