People Innovation Excellence

BUKU INDONESIA-TAIWAN DALAM DUA BAHASA


Tim Taiwan Studies Project (TSP) yang disokong oleh tiga jurusan dari Fakultas Humaniora BINUS, yaitu Jurusan Hubungan Internasional (International Relations), Jurusan Hukum Bisnis (Business Law), dan Sastra China (Chinese Literature), telah sejak beberapa bulan lalu telah menerbitkan buku berjudul: “Indonesia-Taiwan Relations: Searching for Better Understanding”. Buku ini ditulis dalam dua bahasa, Inggris dan Mandarin oleh Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama (Hubungan Internasional), Shidarta (Hukum Bisnis), dan Dr. Yi Ying (Sastra China). Kata pengantara diberikan oleh Prof. A. Dahana.

Pada tanggal 27 Juli 2021, tim TSP diundang oleh BINUS Corporate Learning and Development (BCL&D) untuk mempresentasikan karya-karyanya. Undangan ini ditujukan juga untuk 39 proyek penelitian lain dari seluruh BINUS. Buku ini hanya salah satu saja dari karya yang ditampilkan oleh Tim TSP karena di luar itu terdapat paparan tentang artikel di publikasi internasional, video konten digital yang didaftarkan HKI-nya, studi banding, kuliah tamu, magang mahasiswa, dan lain-lain.

Untuk buku ini, ketiga penulis menghimpun 18 artikel yang dibagi dalam tiga bagian: (1) hubungan Indonesia dan Taiwan (5 tulisan); (2) lintas budaya (cross culture): dan (3) jelajah Taiwan (exploring Taiwan). Buku ini punya arti penting karena menampilkan hasil potret wajah sebuah entitas politik bernama Taiwan, yang kiprahnya makin kuat bagi Indonesia. Potret ini dilakukan oleh tiga akademisi Indonesia melalui beberapa interaksi dengan berbagai kalangan. Hasil potret diharapkan dapat memberi informasi secukupnya bagi siapa saja — khususnya bagi generasi muda yang ingin berangkat ke Taiwan– tapi belum cukup mengenal Taiwan. Tapi di sisi lain, buku ini juga dapat dimanfaatkan oleh pihak Taiwan yang ingin melihat pandangan sekilas orang Indonesia tentang negeri mereka.  Buku ini ditulis dalam dua bahasa, Inggris dan Mandarin antara lain dengan maksud itu. (***)

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close