People Innovation Excellence

SEMARAK PERAYAAN DIES NATALIS KE-5 JURUSAN “BUSINESS LAW”

 

 

IMG.20160604.WA0038


Perayaan dies natalis ke-5 Jurusan Business Law BINUS tanggal 4 Juni 2016 yang diadakan di lantai 8 Kampus Anggrek BINUS, berlangsung semarak. Dies natalis jurusan ini sesungguhnya jatuh pada tanggal 5 Juni 2016, tetapi karena tanggal tersebut adalah hari libur, maka perayaannya dimajukan satu hari.

Acara yang dimulai tepat waktu, pukul 08:30 WIB ini ditandai dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Humaniora Dr. Johannes A.A. Rumeser dan laporan kemajuan jurusan oleh Ketua Jurusan Dr. Shidarta. Kemudian berlanjut ke orasi dies berjudul “Hak Cipta di Era Digital: antara Idealisme dan Komersialisasi Pendidikan” yang dibawakan oleh Dr. Besar. Sesi selanjutnya diisi dengan art performance oleh para mahasiswa (lagu dan demo silat), sebelum kemudian diadakan peluncuran buku berjudul “Aspek Hukum Ekonomi dan Bisnis” yang dibedah oleh ekonom Indef, Bhima Yudhistira Adhinegara. Kemudian diadakan pembagian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dan juara lomba public speaking tingkat SMA, sebelum ditutup dengan acara ramah tamah.

Beberapa kegiatan yang ikut memeriahkan acara ini adalah pameran poster dan buku-buku karya para dosen. Selain buku yang diluncurkan, juga terdapat tiga buku berjudul “Percikan Gagasan tentang Hukum” yang disunting oleh Shidarta, Abdul Rasyid, dan Ahmad Sofian. Penulisnya terdiri dari hampir seluruh dosen tetap dan tidak tetap di Jurusan Business Law BINUS.

Sejumlah orang tua mahasiswa ikut pula hadir di acara dies natalis ini. Salah seorang orang tua mahasiswa, Drs. Hanif Salim menyatakan kegembiraannya melihat model pembelajaran yang diterapkan oleh Jurusan Business Law BINUS. Diplomat yang saat ini bertugas di Lemhanas ini juga memberi masukan pada buku berikutnya yang akan ditulis oleh para dosen. Tamu undangan lainnya adalah Dr. Humphrey Djemat yang hadir bersama isteri. Advokat ini menyatakan antusiasmenya untuk ikut berkontribusi bagi kemajuan Jurusan Business Law di kemudian hari.

Orasi yang menjadi puncak acara juga diikuti dengan saksama oleh para undangan yang sebagian besar terdiri dari para mahasiswa berbagai angkatan. Dr. Besar, S.H., M.H. yang menjadi orator menekankan pentingnya komersialisasi hak cipta digalakkan, dan hal ini tidak boleh dianggap sebagai antiklimaks dari idealisme di dunia pendidikan. Ia tidak ingin mempertentangkan antara idealisme dan komersialisasi. Doktor lulusan Unpad ini justru melihat komersialisasi atas karya cipta yang dihasilkan oleh dunia pendidikan sebagai jalan keluar meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dalam menggali dana untuk mendukung aktivitas tridarma.

Panitia dies natalis kali ini, yang diketuai oleh Erni Herawati, S.H., MKn. dan Reza Zaki, S.H., M.A. ini juga mendapat sumbangan buku dari banyak pihak, seperti dari Komisi Yudisial, YLBHI, Epistema Institute, ECPAT, dan lain-lain. Tidak ketinggalan Kantor Hukum Suryomurcito & Co. juga ikut hadir memberikan perhatian pada acara ini, khususnya sebagai sponsor lomba “legal opinion writing” yang diikuti oleh para mahasiswa Jurusan Business Law BINUS.

Sebelum acara ramah tamah, Dekan Fakultas Humaniora juga memanfaatkan acara dies ini untuk melantik klub-klub (kelompok) peminatan yang telah berdiri di lingkungan Jurusan Business Law BINUS. Klub-klub tersebut menampung aktivitas mahasiswa di internal jurusan berkenaan dengan bidang hukum tertentu. Ada klub mootcourt, klub bedah buku (book review), klub hukum siber (cyber law), klub hak kekayaan intelektual, klub bisnis syariah (Islamic law), dan klub kajian hukum dan masyarakat (law and society). Selepas seluruh rangkaian dies, mahasiswa juga berkesempatan mengikuti kuis berhadiah yang diadakan oleh vendor “Sebangsa” dengan cara mengunggah secara online foto mereka seputar momen-momen di acara dies natalis Jurusan Business Law BINUS kali ini. (***)


Foto-foto dari urutan atas ke bawah: (1-3) ‘Art performance’ mahasiswa; (4) Pelantikan klub-klub peminatan; (5) Mahasiswa IPK tertinggi; (6) Sebagian dosen Jurusan Business Law BINUS; (7) Penghargaan bagi siswa SMA juara 1 Lomba Public Speaking.


20160604_094420-2


20160604_093906-3


20160604_093139-2






Link Liputan dies natalis ke-5 Business Law BINUS:



Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close