People Innovation Excellence

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL

Rabu (18/11/2015) dosen Business Law BINUS Reza Zaki, S.H., M.A. diundang oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengikuti Seminar Nasional Badan Pengkajian MPR RI “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional” kerja sama MPR RI dan ICMI Pusat.

Seminar ini dibuka secara langsung oleh Ketua MPR RI, Dr (HC) Zulkifli Hasan dan Presidium ICMI Pusat, Marwah Daud PhD. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai isu-isu seputar tema seminar yang dibawakan antara lain oleh Fasli Jalal, Ph.D. (Wamendiknas RI, Dikti, Kepala BKKBN), Dr. Margarito Kamis (Pengamat Hukum Tata Negara), Prof. Dr. Didin S Damanhuri (Guru Besar IPB, Ketua L-KEN, Peneliti Senior Indef), dan Dr.Ir. Jafar Hafsah (Anggota MPR RI).

Dalam seminar ini ditegaskan bahwa negara yang disebut maju adalah negara yang memiliki proses perencanaan pembangunan yang baik. Sebagai contoh negara-negara Skandinavia dan Perancis. Perencanaan pembangunan yang baik bisa menekan tingkat kemiskinan hingga 18 persen.

Sebagian besar aspirasi masyarakat menginginkan kembalinya peran GBHN, juga aturan agar jabatan presiden hanya satu periode, dan memformulasi kembali posisi DPD RI. GBHN di zaman dulu terkesan sentralistik (top down), yang didominasi pemerintah pusat, sehingga muncul gagasan untuk mengganti nama GBHN dengan Sistem Perencanaan Nasional (SPN). Sementara mengenai jabatan presiden hanya satu periode, juga masih dalam kalkulasi apakah ini merampas kedaulatan rakyat atau sebagai upaya regenerasi kepemimpinan nasional. Kemudian posisi politik DPD RI yang ingin diperkuat juga menjadi salah satu aspek yang akan menjadi bahan dalam rencana Amandemen UUD 1945 yang diusulkan bisa dilaksanakan pada tahun 2016 atau 2017. (***)


ICMI-2


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close