People Innovation Excellence

WORKSHOP TENTANG ‘THEMATIC NETWORK ANALYSIS’ DI BUSINESS LAW BINUS

Paul J. Kellner, mahasiswa program doktor di Universitas Oxford, Inggris, berkesempatan untuk masuk ke kelas dan ikut memberikan kuliah pada Kelas Metode Penelitian Hukum bagi mahasiswa di bawah asuhan dosen Dr. Shidarta. Paul Kellner saat ini sedang melakukan penelitian untuk para buruh migran di Indonesia untuk kajian studinya di bidang pembangunan internasional (international development).

Kuiah yang diberikan Paul Kellner tanggal 8 Juni 2015 di Kampus Anggrek BINUS, selain diikuti oleh para mahasiswa Business Law BINUS, juga hadir beberapa dosen dari Jurusan Hubungan Internasional dan Jurusan Psikologi. Selain itu juga tampak peneliti ECPAT dan mahasiswa S-2 dari Italia Chiara Talerico serta dosen Business Law BINUS Ahmad Sofian. Acara ini sangat menarik karena Paul Kellner berusaha secara interaktif memperkenalkan instrumen analisis metode penelitian kualitatif yang disebut thematic network analysis.

Dalam teknik analisis ini, hasil dari pengumpulan data kualitatif, dikoding menjadi basic themes. Berbagai basic themes ini lalu dikelompokkan menjadi organizing themes, untuk selanjutnya dikerucutkan lagi menjadi satu atau beberapa global theme. Dengan teknik analisis ini dapat diperoleh cara pemilahan data kualitatif secara sistematis. Paul Kellner sendiri sudah menerapkan teknik ini saat ini meneliti akses perawatan kesehatan kaum migran dari Afrika Utara yang tinggal di Norwegia. Juga penelitian yang dilakukan terhadap masalah-masalah kesehatan tertentu untuk pengungsi Kongo di Uganda. (***)

Paul J. Kellner memberi topik kuliah tentang 'thematic network analysis' untuk metode penelitian kualitatif.
Paul J. Kellner memberi topik kuliah tentang ‘thematic network analysis’ untuk metode penelitian kualitatif.

 

IMG_0374

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close