People Innovation Excellence

KUNJUNGAN MAHASISWA “BUSINESS LAW” BINUS KE KOMISI YUDISIAL

Pada tanggal 22 Desember 2014, sebanyak sekitar 20 mahasiswa Business Law BINUS, diundang dan diterima dalam acara rapat pleno terbuka Komisi Yudisial Republik Indonesia yang menggelar agenda catatan akhir tahun 2014. Rombongan mahasiswa dipimpin oleh Steven, Ketua Himpunan Mahasiswa Business Law (Himslaw), disertai empat orang dosen, yaitu Shidarta, Ahmad Sofian, Besar, dan Paulus A.F. Dwi Santo.

Acara catatan akhir tahun ini terbuka untuk umum, berisi laporan kinerja bidang-bidang Komisi Yudisial, mulai dari rekrutmen hakim, pengawasan hakim dan investigasi, pencegahan dan peningkatan kapasitas hakim, SDM-advokasi-penelitian dan pengembangan, hubungan antar-lembaga dan layanan informasi. Penyampaian catatan akhir tahun ini dipimpin oleh Ketua Komisi Yudisial Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si., didampingi lima anggota lainnya. Satu orang komisioner berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Ketua KY memberi apresiasi atas kehadiran para mahasiswa BINUS. Undangan bagi mahasiswa untuk hadir pada acara seperti ini merupakan kali pertama dilakukan oleh Komisi Yudisial.

Mengingat penyampaian catatan akhir tahun ini bertepatan dengan “Hari Ibu” maka acara dimeriahkan dengan panduan suara Komisi Yudisial. Selanjutnya, pada ujung acara, Ketua Komisi Yudisial dan Ketua Jurusan Business Law BINUS melakukan pertukaran cendera mata berupa plakat dari masing-masing instansi.

Melalui kunjungan mahasiswa di Komisi Yudisial ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal aktivitas yang dijalankan di lembaga negara tersebut, khususnya dalam menjaga marwah kehormatan dan keluhuran profesi hakim di Indonesia. Diharapkan hal ini dapat memotivasi mahasiswa untuk meminati profesi luhur sebagai hakim, yang menurut kajian Komisi Yudisial, ternyata tidak terlalu diminati. Padahal, profesi ini memiliki posisi dan peran yang sangat penting dalam penegakan hukum.

Di samping menghadiri acara rapat pleno, mahasiswa berkesempatan meninjau perpustakaan Komisi Yudisial di lantai dua gedung megah di jalan Kramat Raya tersebut. Di perpustakaan ini, mahasiswa dapat melihat buku-buku yurisprudensi, lembaran negara, tambahan lembaran negara, dan berita negara. Para mahasiswa dapat menggunakan perpustakaan ini sebagai alternatif pencarian data dan informasi hukum dalam rangka tugas-tugas mata kuliah selama menjalani studi di Business Law BINUS. (***)

 

Kunjungan mahasiswa Business Law di Komisi Yudisial, 22 Desember 2014
Kunjungan mahasiswa Business Law di Komisi Yudisial, 22 Desember 2014

IMG_0211.000


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close