People Innovation Excellence

BINUS JUARA PERTAMA NASIONAL LOMBA “LEGAL OPINION” 2014

Mahasiswa Program Studi Business Law BINUS, Bagus Cayo Mastriza (Binusian 2015), akhirnya berhasil menggondol juara pertama tingkat nasional lomba kategori legal opinion dalam The 5th Business Law Competition 2014, yang berlangsung di Kampus Universitas Indonesia, Depok, tanggal 19-21 September 2014. Bagus bahkan juga mendapat penghargaan sebagai peraih “the best memo” untuk legal opinion yang disusunnya. Di tingkat final, BINUS mampu menyisihkan peserta-peserta dari berbagai perguruan tinggi yang tergolong “pelanggan finalis” pada kejuaraan seperti ini. Juara kedua untuk lomba legal opinion tahun ini diraih peserta dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) dan juara ketiga dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad). Tiga finalis lain yang belum bisa tembus menjadi juara adalah Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Diponegoro, dan Sekolah Tinggi Hukum Bandung.

Business Law Competition tahun 2014 ini merupakan lomba tahunan yang kelima diadakan dan merupakan kompetisi hukum bisnis terbesar di Indonesia yang dilaksanakan oleh Business Law Society Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tema besar yang diangkat pada lomba tahun ini adalah “Get to Know the Importance of Investment in Public Private Partnership”.  Tujuan dari lomba yang juga memperebutkan piala Hafni Sjahruddin dan disponsori antara lain oleh Bank Indonesia ini sebagai sebuah sarana kepada para mahasiswa hukum untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang hukum bisnis pada umumnya, dan hukum investasi pada khususnya.

Legal Opinion Competition merupakan kategori lomba untuk menganalisis kasus dari sudut pandang hukum secara tertulis dan pemaparan argumen secara lisan terkait hukum bisnis khususnya hukum investasi terkait kerjasama pemerintah-swasta (public-private partnership). Lomba akan dilaksanakan secara individual yang mewakili masing-masing fakultas hukum peserta bersangkutan. Setiap universitas dibatasi hanya dapat mengirimkan satu tim perwakilan pada babak penyisihan. Lomba ini terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan (seleksi berkas), dan babak final dimana para peserta akan mempresentasikan hasil legal opinion yang telah dibuat sebelumnya dan kemudian akan dikritisi oleh para juri.

Selain kategori legal opinion, juga terdapat lomba contract drafting and negotiation, dan battle of brains. Untuk kedua kategori tersebut, BINUS juga mengirimkan tim yang terdiri dari kombinasi mahasiswa-mahasiswa angkatan lebih muda, yang notabene sebenarnya belum menempuh mata kuliah hukum investasi. Untuk dua kategori tersebut BINUS ternyata belum seberuntung tahun lalu, karena pada tahun 2013 BINUS ternyata justru berhasil menjadi finalis dan meraih tempat keempat pada kategori battle of brains. Sekalipun demikian, keberhasilan Bagus Mastriza Cayo meraih juara pertama legal opinion tahun 2014 ini dengan tambahan kriteria sebagai penyusun “the best memo” akan menjadi kenangan tersendiri bagi tim BINUS. Peserta lomba Business Law Competition 2015 ini disuguhi juga berbagai kegiatan lain seperti seminar, workshop dan company visit. (***)

CIMG3712-2

rsz_cimg3706


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close