People Innovation Excellence

Student Camp “Filsafat Hukum” di Kaki Gunung Salak

Sebanyak 25 mahasiswa Prodi Ilmu Hukum (Business Law) Binus University dari kelas Binusian 2015 (angkatan masuk tahun 2011) berangkat ke kawasan Ciapus-Ciomas, Bogor, pada tanggal 27-28 Maret 2014. Atas inisiatif sendiri, kelompok mahasiswa di bawah koordinasi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Business Law (Himslaw) Habibie Muhammad ini mengadakan acara Student Camp, guna belajar aliran-aliran pemikiran yang dikenal dalam filsafat hukum. Bertempat di sebuah peristirahatan 800 meter di atas permukaan laut, di kaki Gunung Salak, rombongan  ini mengikuti pembelajaran tentang aliran-aliran pemikiran utama dalam hukum, seperti Aliran Hukum Kodrat, Positivisme Hukum, Utilitarianisme, Mazhab Sejarah, Sociological Jurisprudence, dan Realisme Hukum. Keenam aliran ini dipetakan secara sederhana, sehingga pada akhir pembelajaran para mahasiswa dapat secara cepat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap aliran. Diharapkan dengan pemahaman ini, mahasiswa dapat mengidentifikasi dengan cepat positioning suatu pandangan di dalam hokum, sekaligus mengetahui bagaimana harus berargumentasi guna menghadapi pandangan seperti itu.  Strategi seperti ini mutlak diperlukan dalam pembuatan legal opinion dan debat hukum. Pemikiran yang fundamental seperti ini juga dipandang penting dipahami oleh mahasiswa hukum, sebelum mereka terjun ke dalam analisis kasuistis yang terkadang dapat membuat para ahli hukum “tersesat” dalam penalaran mereka sendiri.

Di samping belajar tentang aliran-aliran pemikiran tentang hukum ini, peserta juga diajak outbound ringan oleh para dosen pendamping. Kawasan yang dekat dengan Curug Nangka ini memang cukup inspiratif untuk kegiatan demikian. Pada malam harinya, mahasiswa juga berkesempatan melakukan pertunjukan musik dari dan untuk mereka sendiri. Tiga dosen pendamping yang hadir dalam acara ini adalah Paulus Aluk Fajar Dwi Santo, Besar, dan Shidarta. (***)

WP_20140327_017

Slide1

 

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close