People Innovation Excellence

KALI KEDUA MAHASISWA DEAKIN UNIVERSITY MENGIKUTI KULIAH HUKUM DI BINUS

Untuk kedua kalinya, mahasiswa-mahasiswa dari Deakin University datang berkunjung ke Prodi Business Law, BINUS. Kunjungan kali ini merupakan rangkaian dari pembelajaran mereka tentang Indonesia, termasuk tentang sistem hukum Indonesia. Kunjungan sebelumnya berlangsung tanggal 18 November 2013 untuk mendengarkan “global lecture” tentang sistem hukum Indonesia.

Kuliah kali ini tentang hukum Indonesia diberikan oleh Dr. Shidarta, Ketua Jurusan Business Law, berlangsung pada tanggal 1 Juli 2014, bertempat di Kampus Kijang, Kemanggisan. Dalam kuliah ini mahasiswa Deakin University, Melbourne, ini menunjukkan antusiasme mereka tentang pluralisme hukum di Indonesia. Isu-isu tentang perkawinan antar-agama, misalnya, sangat menarik perhatian mereka. Ada yang mempertanyakan seberapa mungkin “penyelundupan hukum” dengan menikah di luar negeri dapat dipandang sebagai solusi mengatasi kendala hukum untuk pendaftaran perkawinan tersebut.

Sesi kedua dari pembelajaran tentang hukum Indonesia ini diisi dengan peragaan simulasi di ruang pengadilan semu. Mahasiswa-mahasiswa angkatan pertama dari Prodi Business Law membawakan dengan sangat terampil simulasi ini sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Salah seorang mahasiswa School of Law dari Deakin University, yaitu Collin Lau, ikut berpartisipasi menjadi saksi korban. Diskenariokan bahwa Collin kehilangan cellphone-nya sewaktu sedang berada di toiet di Kampus BINUS. Pelakunya, yaitu seorang mahasiswa, lalu ditangkap dan diadili di pengadilan semu ini. Seusai acara pengadilan, para mahasiswa didampingi oleh dosen Deakin University melakukan evaluasi terhadap jalannya persidangan. Acara tanya jawab tentang sistem peradilan di Indonesia ini dipandu oleh Ahmad Sofian, S.H., M.A. dan Bambang Pratama, S.H. M.H.

Seusai mengikuti perkuliahan dan simulasi pengadilan, para mahasiswa kemudian diajak berkunjung ke Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan kemudian ke Komisi Yudisial. Dengan tambahan kunjungan lapangan ini, diharapkan pemahaman mereka tentang hukum Indonesia bisa lebih lengkap lagi.

Saat ini Prodi Business Law BINUS juga sedang mendapat tawaran untuk menerima mahasiswa asing dari salah satu perguruan tinggi di Thailand untuk kuliah di BINUS melalui program student exchange. Dengan program ini, sejumlah mahasiswa Thailand yang sedang belajar hukum di sana akan mengambil beberapa mata kuliah hukum di Prodi Business Law BINUS  Jakarta, yang nantinya bisa ditransfer menjadi bobot kredit mereka. (***)

CIMG3416

 

CIMG3411CIMG3441CIMG3408CIMG3477CIMG3457


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close