People Innovation Excellence

Kadin Selenggarakan FGD “Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri”

Dosen Business Law Binus University, Paulus A.F. Dwi Santo, S.H.,M.H.  hadir dalam undangan  focus group discusion (FGD) yang diadakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia pada tanggal 20 Maret 2014, bertempat di Menara Kadin Indonesia lantai 29, jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta. Topik FGD yang berjudul “Peningkatan Kualitas dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri” ini menampilkan pembicara utama Prof. Dr. Payaman J. Simanjuntak.  Selain itu, tampil juga Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Tenaga Kerja-Benny Soetrisno dan Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnakertrans-Ir. Khairul Anwar, M.M. dan Dirjen Binapenta Kemenakertrans-Dr. Dra. Reyna Usman, M.M.

Wakil dari Binus, pada kesempatan itu ikut memberikan kontribusi pemikiran terkait permasalahan yang melanda tenaga kerja Indonesia (TKI) di mancanegara.  Sangat penting dilakukan pemetaan yang komprehensif terkait kondisi ketenagakerjaan Indonesia, mengingat problema perlindungan tenaga kerja Indonesia di satu negara tidak selalu sama dengan problema di negara lainnya.

Disinggung dalam FGD itu, bahwa pola perekrutan TKI dewasa ini disinyalir timbul karena banyaknya agen-agen nakal yang memalsukan dokumen, memperdagangkan manusia, atau membebani bunga bank yang tinggi kepada para calon TKI. Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) mencoba mengatasi problema ini dengan mencanangkan program Penyangga Peningkatan Kualitas Penempatan dan Perlindungan TKI (P3TKI), yang antara lain menghapus sistem potong gaji (cutting salary) seperti selama ini dipraktikkan. Direncanakan akan ada standardisasi dalam pelatihan dan perawatan kesehtan. Perlindungan dijanjikan akan dilakukan secara terintegrasi dengan sistem online. (***)

Slide1Slide2

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close