People Innovation Excellence

FORUM BEGAWAN BERSAMA PROF. SATRYO S. BRODJONEGORO


Guru besar dari BINUS University Prof. Satryo Soemantri Brojonegoro dikenal luas sebagai pakar dalam ilmu teknik mesin, namun juga mendalami manajemen pendidikan tinggi. Untuk itu, beliau didaulat oleh Dewan Guru Besar (DGB) BINUS University untuk memberikan paparan mengenai “Strategi Menjadi Academic Leaders Bereputasi dan Unggul Menjawab Tantangan Indonesia Emas 2045.” Acara yang diberi nama FORUM BEGAWAN ini berlangsung di Kampus Alam Sutera, Tangerang, Banten pada tanggal 3 September 2024.

Acara ini dihadiri oleh para guru besar dan lektor kepala dari berbagai program studi. Tampak hadir juga Rektor BINUS Dr. Nelly, S.Kom., M.M. dan Ketua DGB Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. Dari Prodi Hukum, hadir Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A., Dr. Abdul Rasyid, SHI, MCL, dan Shidarta yang juga menjadi Sekretaris DGB. Acara yang berlangsung menarik selama dua jam ini dipandu oleh MC Prof. Amalia E. Maulana dan moderator Prof. Engkos Achmad Kuncoro.

Pada intinya narasumber Prof. Satryo menekankan mengenai keunikan entitas perguruan tinggi dengan segala kompleksitasnya. Oleh sebab itu, mengelola perguruan tinggi tidak sama dengan mengelola negara atau perusahaan. Di sini kita lebih membutuhkan “pemimpin” tetapi bukan “pimpinan” karena faktor kekuasaan bukan hal yang utama. Ia bahkan mengadakan “leader” diperlukan ketika perguruan tinggi belum berjalan baik, tetapi jika organisasinya sudah berjalan, maka selanjutnya yang harus tampil adalah “manager.” Beliau juga menggarisbawahi perlunya antisipasi menghadapi ketidakpastian masa depan, sehingga perguruan tinggi harus makin inovatif. (***)



Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close