People Innovation Excellence

PELATIHAN PENALARAN HUKUM UNTUK HAKIM DI LINGKUNGAN PENGADILAN TINGGI MANADO DAN PALU

 

Pada tanggal 22 dan 23 Februari 2023, Komisi Yudisial RI untuk kesekian kalinya melakukan pelatihan khusus peningkatan kapasitas hakim. Salah satu narasumber dalam pelatihan ini adalah dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta. Beliau membawakan topik tentang penalaran hukum. Acara pelatihan berlangsung secara online, diikuti oleh 40 orang hakim dari berbagai pengadilan negeri dan tinggi di lingkungan Pengadilan Tinggi Manado (Sulawesi Utara) dan Palu (Sulawesi Tengah).

Narasumber lain yang memberikan pelatihan selama dua hari penuh tersebut adalah:  Sukma Violetta, S.H., LL.M. (Komisioner Komisi Yudisial Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Hakim); Dr. Albertina Ho, S.H., M.H. (Anggota Dewan Pengawas KPK); Dr. Rudolf W. Matindas (Ahli dari Jurusan Psikologi Umum dan Eksperimen Universitas Indonesia); dan Nathanael Sumampouw, M.Psi., M.Sc., Ph.D., Psikolog (Akademisi Universitas Indonesia).

Shidarta dalam kesempatan tersebut memberi paparan tentang karakteristik penalaran hukum, sebagaimana dipraktikkan oleh para hakim dalam menjalankan tugas mereka masing-masing. Selain itu juga diberikan sesi diskusi dengan tugas membahas perumusan kaidah penemuan hukum. (***)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close