People Innovation Excellence

SOSIALISASI HUKUM UNTUK PARA GURU YAYASAN TUNAS KARYA PANGKALPINANG






Pada tanggal 14 September 2018, bertempat di Gedung Sekolah Dasar St. Theresia II, jalan Koba, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, berlangsung acara pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam format sosialisasi hukum. Acara ini diadakan oleh Yayasan Tunas Karya yang menaungi sekitar 48 sekolah di kawasan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau. Salah satu dari sekolah ini, yakni SMA St. Yosef, Pangkalpinang, termasuk dalam kategori sekolah yang paling banyak menyumbangkan lulusannya untuk menuntut ilmu di Universitas Bina Nusantara.

Dalam kesempatan pengabdian kepada masyarakat ini, hadir sebagai narasumber adalah dosen-dosen dari Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, yaitu Dr. Shidarta, S.H., M.Hum., Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A, Erna Ratnaningsih, S.H., LL.M., dan Nirmala Many, S.H., MCL. Mereka berempat membawakan topik yang berbeda, tetapi semua dikemas sebagai satu kesatuan sesuai dengan kebutuhan komunitas para guru di tingkat SD sampai SMA/SMK. Dr. Shidarta menyampaikan topik tentang perlindungan kekayaan intelektual untuk karya guru dan siswa. Selanjutnya Dr. Ahmad Sofian memaparkan masalah penerapan undang-undang perlindungan anak dalam proses pendidikan. Nirmala Many dan Erna Ratnaningsih berdampingan membawakan topik tentang prosedur penegakan hukum untuk perlindungan profesi guru.

Beberapa guru memberi tanggapan positif atas paparan yang disampaikan oleh dosen-dosen BINUS. Di antara pertanyaan-pertanyaan yang muncul menyuarakan kekhawatiran mereka atas fenomena pelaporan terhadap guru-guru di sekolah karena dituduh melakukan kekerasan terhadap siswa. “Sampai di mana batas peringatan yang bisa diberikan oleh guru agar tindakannya tidak dianggap sebagai kekerasan terhadap siswa?” tanya mereka. Selain itu, terdapat juga pertanyaan-pertanyaan tentang tolok ukur plagiarisme dalam karya ilmiah dan masa perlindungan untuk karya tertentu.

Kepala SMK Tunas Karya, Suwardjo, yang ikut hadir dan membuka acara tersebut sebagai wakil dari Yayasan Tunas Karya, menyatakan bahwa tamu-tamu yang diundang adalah semua sekolah di bawah yayasan tersebut dari wilayah Pangkalpinang dan sekitarnya. Ada sekitar 50 guru yang diundang berasal dari sekitar 10 sekolah. Ia berharap di masa depan, apabila diadakan acara serupa akan lebih banyak guru yang berkesempatan hadir. (***)


 

 

 

 

 

 

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close