People Innovation Excellence

MATERI PENALARAN HUKUM DAN DUE DILIGENCE UNTUK PARA CALON ADVOKAT


Memasuki minggu kedua, Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) angkatan ke-9 kerjasama antara BINUS dan DPC PERADI Jakarta Barat berjalan dengan lancar. Pada tanggal 8 Oktober 2023, misalnya, terpantau peserta tetap antusias mengikuti sesi demi sesi yang dibawakan para narasumber. Sebagai contoh, salah satu dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta, terjadwal memberikan materi mengenai penalaran hukum dan due diligence untuk sesi pertama, pukul 08:00-10:00 WIB.

Dosen yang mengampu mata kuliah Filsafat Hukum dan Penalaran Hukum di BINUS ini memulai sesinya tepat waktu. Peserta juga sudah siap di ruang pertemuan Kampus Kijang BINUS dan di ruang zoom. Tercatat sekitar 200 peserta ikut menyimak materi yang beliau berikan.

Dalam paparan dan diskusi dengan para peserta, Shidarta menyampaikan sisi-sisi keunikan dari penalaran hukum. Ia memberikan contoh-contoh keunikan itu, yang tidak lain timbul karena penalaran ini bersentuhan dengan aspek normatif dari hukum. Penalaran hukum ini diaplikasikan tidak hanya ketika seorang hakim harus menyusun pertimbangan-pertimbangan di dalam putusan, melainkan juga diterapkan oleh para advokat dalam memberikan pelayanan kepada klien. Salah satunya dalam bentuk due diligence. Semua dokumen yang diuji dan kemudian dibuatkan laporannya kepada klien, membutuhkan kemampuan penalaran hukum. (***)

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close