People Innovation Excellence

PELATIHAN UNTUK PARA HAKIM JAWA TENGAH DAN YOGYAKARTA


Pada tanggal 19-23 Juni 2023, bertempat di Hotel Sunan, Surakarta, berlangsung pelatihan peningkatan kapasitas hakim bagi hakim-hakim peradilan umum dan agama wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta, diundang menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Komisi Yudisial RI tersebut. Beliau memberikan pelatihan untuk dua hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 21 dan 22 Juni 2023, mengenai topik penalaran hukum.

Narasumber lain adalah Dr. Rudolf W. Matindas dan Dr. Albertina Ho. Mereka masing-masing membawakan topik tentang kiat memutus dan etika komunikasi dalam persidangan. Pada sesi terakhir, salah satu anggota Komisi Yudisial RI, Sukma Violetta, S.H., LL.M. memberikan materi tentang pelaksanaan tugas dan wewenang KY. Peserta yang hadir dalam pelatihan ini adalah hakim-hakim senior, berjumlah 60 orang. Beberapa di antara mereka adalah ketua-ketua pengadilan negeri dan pengadilan agama di sejumlah kota atau kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada kesempatan memberikan pelatihan, Shidarta mengajak para peserta secara berkelompok untuk mempraktikkan model penalaran atas suatu kasus dan para peserta kemudian mempresentasikan di hadapan peserta lainnya. Dari paparan masing-masing kelompok diadakan diskusi untuk mencari tahu kelemahan dari cara bernalar yang telah dilakukan. Dengan cara ini, peserta dapat saling memberi catatan, khususnya untuk memastikan apakah ada kaidah penemuan hukum yang berhasil ditampilkan dari penalaran itu. (***)

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close