People Innovation Excellence

SESI BERBAGI PENGETAHUAN DENGAN DOSEN DAN MAHASISWA UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG


 


 


 


 



Dosen-dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, yaitu Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A., Dr. Besar, S.H., M.H., Dr. Bambang Pratama, S.H., M.H. dan Shidarta memenuhi undangan dari Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB) untuk bertandang ke Kampus UBB di Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka Induk. Acara kunjungan berlangsung tanggal 9 Juni 2023. Pada kunjungan ini, para dosen BINUS berbagi perspektif dengan dosen-dosen dan para mahasiswa. Hadir dalam acara bertajuk “Sharing Session with the Lecturers of Business Law of BINUS University” ini sekitar 40 mahasiswa program magister dan sarjana. Dekan FH UBB Dr. Derita Prapti Rahayu, S.H., M.H. membuka acara yang berlangsung selama dua jam itu.

Guru besar filsafat hukum BINUS Shidarta memulai paparannya dengan menekankan pada perluasan sumber-sumber hukum. Ia menyebut adanya pergeseran sumber hukum pada kurun waktu akhir-akhir ini, khususnya yang dicermatinya terjadi pada masyarakat digital. Dr. Bambang Pratama meneruskan paparan tersebut dengan mengambil konteks perlinduigan data pribadi. Selanjutnya Dr. Besar mengambil contoh yang lebih spesifik pada kasus-kasus perlindungan merek, yang sekarang sudah masuk ke jenis-jenis terbaru, seperti bau, gerak, warna. Dr. Ahmad Sofian kemudian menutup paparan dengan membahas mengenai pertanggungjawaban korporasi menurut KUHP terbaru. Paparan-paparan tersebut menarik perhatian para peserta diskusi, sehingga banyak pertanyaan diajukan meramaikan sesi berbagi pengetahuan ini.

Program berbagi pengetahuan antara dosen BINUS dengan sivitas akademika FH UBB sudah berlangsung beberapa kali. Selain untuk mempererat komunikasi, acara demikian juga menjadi bukti nyata bahwa perjanjian kerja sama di antara kedua institusi memang terealisasi dengan baik selama ini. Pada akhir sesi, dosen-dosen BINUS menyerahkan tanda mata berupa buku-buku karya para dosen hukum BINUS untuk menjadi koleksi perpustakaan di FH UBB.

Seusai acara, Dekan FH UBB didampingi oleh dosen-dosen senior seperti Yokotani, S.H., M.H., dan Dr. Faisal, S.H., M.H. mengajak rombongan dosen BINUS bersantap malam di “Tins Gallery and Boutique Resto” di jalan Jenderal Sudirman kota Pangkalpinang, yang berjarak sekitar 13 km dari kampus UBB. (***)


 



Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close