People Innovation Excellence

BUPATI BANGKA BARAT BERHARAP KERJA SAMA DENGAN BINUS DIKEMBANGKAN



H. Sukirman, S.H., Bupati Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berharap kerja sama yang sudah berjalan selama ini, sebagaimana telah dirintis oleh Jurusan Hukum Bisnis BINUS, dapat makin ditingkatkan. Hal ini beliau sampaikan saat menerima kunjungan dosen-dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS di kantornya di kota Mentok, Bangka Barat, pada tanggal 8 Juni 2023.

Para dosen BINUS yang terdiri dari Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A., Dr. Bambang Pratama, S.H., M.H., Dr. Besar, S.H., M.H. dan Shidarta, berkunjung ke kota Mentok dalam rangka menindaklanjuti program insiatif BINUS guna melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM di kabupaten tersebut. Para dosen datang berkunjung ke Bupati H. Sukirman, S.H., bersama dengan pimpinan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian (KUP) Bangka Barat.

Bupati Bangka Barat menyampaikan berbagai kendala yang masih dihadapi Pemkab Bangka Barat dalam memberdayakan pelaku UMKM, antara lain keterbatasan pemasaran produk-produk UMKM. Dosen BINUS Shidarta yang sebelumnya sudah terlibat dalam program penelitian di Bangka Barat pada tahun 2022, mencermati hal yang sama. Menurutnya, kondisi seperti ini wajar dihadapi oleh daerah kepulauan dengan jumlah penduduk yang relatif sedikit, sekalipun kota Mentok sebagai ibukota kabupaten memiliki akses yang sangat terbuka ke pulau Sumatera (kota Palembang). Penyeberangan di Selat Bangka yang menghubungkan kedua daerah/provinsi berlangsung beberapa kali setiap hari. Alangkah baiknya, apabila produk-produk khas Bangka Barat dapat ditunjukkan dan dinikmati para pengunjung, antara lain ketika mereka berada di moda transportasi laut, bahkan udara, yang menghubungkan Bangka dan daerah-daerah lain. Perkenalan demikian akan membawa mereka tertarik untuk singgah langsung ke tempat-tempat penjualan produk ini di kota-kota yang mereka datangi. Bukan tidak mungkin, pada tahap berikutnya, akan mereka bawa untuk dijual ke luar pulau Bangka.

Kemasan juga menjadi bagian dari pembicaraan selama berdiskusi dengan Bupati Bangka Barat. BINUS menawarkan peluang kerja sama untuk membantu desain kemasan yang lebih menarik. Fakultas Humaniora, sebagaimana juga dipesankan oleh Dekan Fakultas Humaniora BINUS untuk diteruskan ke Bupati Bangka Barat, siap untuk membantu para pelaku usaha di Kabupaten Bangka Barat apabila ingin memperluas akses pasar yang berbahasa asing, mengingat di BINUS tersedia jurusan Mandarin, Jepang, dan Inggris. Perluasan ini maskin relevan jika dilakukan dengan metode pemasaran secara digital.

Di akhir pertemuan, dosen-dosen BINUS memberikan kenang-kenangan beberapa buku karya para dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS kepada Bupati Bangka Barat. (***)


 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close