People Innovation Excellence

LOKAKARYA PENULISAN BUKU HAK ASASI MANUSIA

 



Pada tanggal 24 dan 25 Juni 2021, melalui zoom, berlangsung lokakarya tentang metodologi yuridis hak asasi manusia di Indonesia. Acara ini digagas oleh Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Islam Indonesia (Pusham UII) bekerja sama dengan the Norwegian Centre for Human Rights (NCHR), Oslo University. Tujuan akhir dari lokakarya ini adalah penerbitan sebuah buku yang menawarkan paradigma alternatif dan kerangka metodologis untuk menjawab satu tantangan besar, yaitu bagaimana mengoperasionalkan prinsip-prinsip dam norma-norma hak asasi manusia dalam praktik hukum di Indonesia. Salah seorang penulis yang diundang hadir dalam lokakarya ini adalah Shidarta, dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS.

Lokakarya yang berlangsung penuh selama dua hari ini menampilkan presentasi dari semua penulis buku tersebut, yang berasal dari Indonesia, Norwegia, dan Australia. Mereka adalah Eko Riyadi, Suparman Marzuki, Widodo Dwi Putro, Herlambang Perdana Wiratraman, Sri Wijajanti Eddyono, Shidarta, Julie Frasser, Aksel Tomte, dan Mattew Saul. Lokakarya dimoderatori oleh Direktur Pusham UII Eko Riyadi. Mereka semua saling berbagi perspektif tentang isu-isu yang akan menjadi porsi tulisan masing-masing.

Shidarta dari BINUS akan menulis salah satu bab dari buku ini, yakni mengenai hak asasi mansia dan hukum perdata. Topik tulisan ini akan melengkapi bab-bab yang akan ditulis oleh penulis lain, antara tentrang landasan filosofis hak asasi manusia, metodologi hak asasi manusia berangkat dari praktik di dunia internasional, pelembagaan hak asasi manusia di Indonesia, hak asasi manusia dan hukum tata usaha negara, serta hak asasi manusia dan hukum pidana. Direncanakan buku ini akan terbit dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. (***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close