People Innovation Excellence

KULIAH UMUM HUKUM PROGRESIF DI STH INDONESIA JENTERA


 

 


Dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS Shidarta, pada tanggal 16 Juni 2021 malam diundang menjadi narasumber dalam kuliah umum secara daring untuk mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera. Topik yang diangkat dalam diskusi ini adalah tentang Pemikir Hukum Indonesia (Tokoh dan Gagasan). Shidarta dalam kesempatan itu mengajak para peserta menyoroti pemikiran Prof. Satjipto Rahardjo yang dikenal luas sebagai penggagas pemikiran hukum progresif.

Topik tentang hukum progresif ini sudah beberapa kali dibawakan dalam seminar di berbagai tempat, termasuk di lingkungan FH Undip, tempat Satjipto Rahardjo berkarir sebagai akademisi. Menurut Shidarta, kerap terjadi penyederhanaan terhadap pemikiran beliau berkenaan dengan gagasan ini karena semua yang bernuansa penerobosan undang-undang adalah progresif. Padahal, label hukum progresif itu sendiri membutuhkan elaborasi lebih jauh, terutama mengenai fondasi filosofisnya. Ia mengingatkan agar kita tidak cepat mengklaim pemikiran Prof. Tjip ini senantiasa sejalan dan dekat dengan banyak aliran pemikiran hukum, seperti aliran hukum kodrat, mazhab sejarah, sociological jurisprudence, dan realisme hukum, padahal semua kedekatan itu justru jika tampil bersama-sama berpotensi melahirkan benturan-benturan konseptual.

Acara yang dimoderatori oleh dosen STH Indonesia Jentera Dian Rositawati ini juga dihadiri oleh beberapa dosen dari Jurusan Hukum Bisnis BINUS, antara lain Siti Yuniarti (Sisi) dan Vidya Prahassacita. Selain itu juga tampak hadir dosen FH Universitas Indonesia Theresia Dyah Wirasti. (***)

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close