People Innovation Excellence

SIMPOSIUM HUKUM BISNIS HIMPUNAN MAHASISWA MAGISTER HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Baru-baru ini diselenggarkan simposium oleh Himpunan Mahasiswa Magister Hukum Universitas Islam Indonesia (UII). Simposium berlangsung pada tanggal 17 Maret 2021 via daring menghadirkan narasumber Prof. Adi Sulistyono, S.H., M.H. guru besar Hukum Bisnis Universitas Sebelas Maret (UNS), Marsel Tangsil Tungka, SEO and Founder of Yumm.it dan Dr. Bambang Pratama S.H., M.H. dosen Business Law Universitas Bina Nusantara. Tema acara simposium yang dibahas adalah “Perlindungan Hukum Perkembangan Bisnis Perusahaan Berbasis Digital”. Paparan yang disampaikan oleh Bambang Pratama adalah tentang hukum sektoral atau bidang-bidang hukum spesifik yang ada di dalam UU-ITE di antaranya adalah hak kekayaan intelektual, hukum persaingan usaha, perlindungan konsumen, penyiaran, hak asasi manusia, tata Kelola, hukum pidana, hukum administrasi negara, hukum informasi, hukum keuangan dan finansial serta hukum perjanjian. Dari sekian banyak bidang hukum sektoral yang terdapat di dalam UU-ITE fokus yang dibahas adalah raison d’etre dibentuknya UU-ITE yang bertolak dari Budapest Convention on Cybercrime pada tahun 2001 yang kemudian diikuti dengan aturan hukum yang ada pada UU-ITE dibandingkan dengan ketentuan di dalam Budapest Convention. Terkait pemahaman di dalam UU-ITE pembahasannya adalah tentang definisi data elektronik, perlindungan data pribadi, kepemilikan di ruang digital (virtual property rights), evolusi hukum perjanjian dan aspek hukum persaingan usaha.

Dengan melihat luas dan kompleksitas dari cakupan dari UU-ITE maka harus disadari bahwa UU-ITE perlu didekati tidak hanya dalam pendekatan hukum tetapi dengan pendekatan interdisipliner. Hal ini diharapkan dapat melihat adanya kreativitas dan inovasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang pada prinsipnya dapat menunjang aktivitas ekonomi. Pada kondisi ini maka aturan hukum dapat menjadi sarana dalam memajukan ekonomi.

Video lengkap acara simposium dapat dilihat pada tautan berikut:

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close