People Innovation Excellence

PENALARAN HUKUM UNTUK PENELITIAN HUKUM


Pada tanggal 16 Oktober 2021, Shidarta, Dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, diundang oleh Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Brawijaya (PDIH UB) memberikan kuliah tamu secara daring. Tema yang diberikan oleh PDIH UB ini adalah penalaran dan argumentasi hukum, yang oleh Shidarta kemudian diarahkan lebih spesifik guna menjangkau kebutuhan mahasiswa, yakni menjadi “Penalaran Hukum untuk Kegiatan Penelitian Hukum.”

Kuliah tamu oleh Shidarta di PDIH UB, khususnya untuk mahasiswa Kampus Jakarta, sudah berlangsung beberapa kali. Ikut hadir dalam acara ini Ketua Program Studi Dr. Nurini Aprilianda, S.H., M.Hum., dengan moderator Dr. Reka Dewantara, S.H., M.H. (Sekretaris Jurusan Fakultas Hukum UB).

Dalam paparannya, Shidarta menjelaskan tentang titik-titik krusial dari penalaran hukum yang memberi kesempatan bagi penstudi hukum untuk diangkat sebagai permasalahan hukum. Dengan memahami posisi permasalahan itu dalam skema penalaran hukum, maka akan membantu para penstudi memetakan permasalahan tersebut hingga sampai ke landasan berpikirnya secara filosofis. (***)


Slides yang dipresentasikan dalam kuliah tamu ini dapat diakses melalui tautan berikut:

<https://www.researchgate.net/publication/355335436_SLIDES_Penalaran_Hukum_untuk_Kegiatan_Penelitian_Hukum>


 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close