People Innovation Excellence

REZA ZAKI, DIREKTUR EKSEKUTIF ASOSIASI DOSEN HUKUM INTERNASIONAL



The Indonesian Society of International Law Lecturers (ISILL) atau Asosiasi Dosen Hukum Internasional se-Indonesia, pada tanggal 1-2 Agustus 2019, mengadakan Pertemuan Tahunan di Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Samarinda. Pertemuan tahunan ini juga diselenggarakan bersamaan dengan Simposium Nasional Hukum Internasional yang bertajuk “Urgensi Ketentuan Nasional Penerapan Putusan Organisasi Internasional Khususnya Putusan Dewan Keamanan PBB”. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementrian Luar Negeri RI, ISILL, dan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman. Para pembicara yang turut hadir antara lain Wakil Menteri Luar Negeri RI Dr. H. Abdurrahman Mohammad Fachir, Direktur Perjanjian Politik dan Keamanan Kemenlu RI Ricky Suhendar, Dirjen Kerjasama Multilateral Kemenlu RI Febrian Alphyanto Ruddyard, National University of Singapore Anthony T. Anghle, Dekan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Dr. Mahendra Putra Kurnia, S.H.,M.H, dan Ketua ISILL Prof. Hikmahanto Juwana, S.H.,LL.M,Ph.D.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia. ISILL yang sudah dibentuk selama 10 tahun ini telah melahirkan beberapa publikasi ilmiah yang disebut ISILL Book Series. Sampai saat ini sudah tercatat terdapat 200 anggota ISILL yang merupakan dosen dan praktisi. Sementara itu, Business Law BINUS University mengirimkan dua orang dosennya yakni, Dr. Reza Zaki, S.H.,MA dan Nirmala, S.H.,LL.M.

Ketua ISILL, Prof. Hikmahanto Juwana, Ph.D menuturkan bahwa ISILL sudah mengalami progress yang besar dalam menampung keilmuan para akademisi di kajian Hukum Internasional. ISILL sudah membuat serangkaian kegiatan ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional. Di akhir masa jabatannya, Prof. Hikmahanto Juwana, Ph.D berharap ada regenerasi para dosen Hukum Internasional untuk dapat melanjutkan estafet kepemimpinan di ISILL.

Dalam prosesnya dilakukan musyawarah mufakat dari para anggota ISILL dan terpilih Pimpinan ISILL yang terdiri dari Ketua Arie Afriansyah, SH, MIL, Ph.D (Universitas Indonesia), Sekretaris Dhiana Puspitawati, SH, LL.M, Ph.D (Universitas Brawijaya), dan Direktur Eksekutif Dr. Reza Zaki, SH, MA (Universitas Bina Nusantara) periode 2020-2024.

Dalam kepengurusan ke depan, ada beberapa program yang akan dilaksanakan oleh ISILL antara lain Capacity Building kepada para dosen muda Hukum Internasional dalam membuat kurikulum dan silabus, Writing Camp yakni penulisan Jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional, Simposium Nasional, Ambassador’s Training Week, ISILL TV Digital, rekrutmen keanggotaan ISILL, ISILL Book Series.

Ketua ISILL Terpilih, Arie Afriansyah, SH, MIL, Ph.D mengatakan bahwa asosiasi ini sedang menuju kepada fase kemandirian paripurna untuk dapat terus meningkatkan kolaborasi akademik sekaligus ekosistem bisnis di bidang pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas kajian Hukum Internasional di Indonesia. Para Anggota ISILL adalah para figur yang pemilikiran, dan tulisannya sudah tersebar secara nasional maupun internasional. Mereka memiliki modal untuk dapat mengembangkan pemikiran baru di dalam ruang lingkup kajian Hukum Internasional ke depan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Dr. Mahendra Putra Kurnia, S.H.,M.H. merasa antusias dengan penyelenggaraan simposium ini. Ini merupakan kehormatan bagi kampus kami untuk turut berkontribusi kepada Negara melalui Kementrian Luar Negeri RI dalam melahirkan pikiran-pikiran mengenai urgensi penerapan putusan PBB. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close